Rabu 14 Oktober 2020, 16:06 WIB

UU Cipta Kerja Potong Birokrasi Hilangkan Korupsi

Despian Nurhidayat | Ekonomi
 UU Cipta Kerja Potong Birokrasi Hilangkan Korupsi

MI/Susanto
.

 

UNDANG-Undang Cipta Kerja atau yang sering dikenal dengan istilah Omnibus Law bertujuan memotong birokrasi dan mengatasi korupsi yang kerap menghambat dunia usaha dan iklim investasi di Indonesia. Selain itu, regulasi tersebut juga akan menciptakan lapangan kerja yang lebih kompetitif dan produktif bagi Indonesia.

"Omnibus Law itu mengubah atau merevisi 79 undang-undang yang ada dan mencakup 1.260 pasal," ungkap Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar dalam acara peluncuran dashboard economy Japan-Indonesia Partnership Lounge secara virtual, Rabu (14/10).

Menurutnya, UU Cipta Kerja akan memperbaiki ekosistem investasi, iklim ketenagakerjaan, iklim untuk kemudahan berusaha, kemudahan untuk mendorong dan melaksanakan riset, memfasilitasi kawasan ekonomi dan pengadaan lahan yang jauh lebih sederhana, memangkas administrasi pemerintahan baik di pusat maupun daerah, dan memberikan prioritas kepada investasi di proyek strategis nasional.

Jadi, lanjut Mahendra, UU Cipta Kerja merupakan sesuatu hal yang sudah lama ditunggu dan didiskusikan serta akhirnya disetujui parlemen. Dengan kata lain, UU Cipta Kerja merupakan hasil dari diskusi yang matang dan tidak merugikan berbagai pihak.

"Dengan begitu, Indonesia sudah siap dan semakin kompetitif serta semakin baik kondisi investasi dan iklim berusaha ke depan," pungkas Mahendra. (OL-14)

Baca Juga

Ist/Medcom.id

Indonesia kian Berpengaruh di Indo-Pasifik

👤Medcom.id/Ant/P-2 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 04:44 WIB
(Kedatangan Pompeo) ini ialah (bukti) balance di...
Medcom.id/Rakhmat Riyandi

Sinergi Diperlukan untuk Jadi Produsen Industri Halal Dunia

👤Iam/X-10 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 03:50 WIB
Ekspor produk Indonesia ke negara berpenduduk mayoritas muslim tidak dapat dilepaskan dari peran produsen produk halal Indonesia, khususnya...
AFP/JUSTIN SULLIVAN

Tesla Berencana Tambah 52 Pusat Layanan di 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 23:45 WIB
Produsen mobil listrik itu telah memperluas jaringan pusat layanan dan Supercharger untuk mengimbangi armadanya yang terus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya