Rabu 14 Oktober 2020, 13:45 WIB

Turki Ajak Rusia Serius Berunding Soal Armenia-Azerbaijan

Nur Aivanni | Internasional
Turki Ajak Rusia Serius Berunding Soal  Armenia-Azerbaijan

AFP
Pejuang di wilayah Nagorno-Karabakh yang disengketakan Armenia dan Azebaijan

 

TURKI menyerukan untuk dilakukan pembicaraan oleh empat negara terkait, yakni Rusia, Azerbaijan, Armenia dan Turki untuk mencoba menyelesaikan konflik di wilayah Nagorno-Karabakh yang memisahkan diri.

Kepala Komunikasi Kepresidenan Turki Ibrahim Kalin membuat seruan tersebut dalam wawancara televisi setelah lebih dari dua minggu pertempuran antara Azerbaijan dan Armenia atas wilayah tersebut.

"Karena Rusia ada di pihak Armenia dan kami, Turki, mendukung Azerbaijan, mari bertemu berempat untuk membahas penyelesaian masalah ini," kata Kalin, Selasa atau Rabu WIB (14/10).

"Jika Minsk Group belum dapat menemukan solusi selama lebih dari 30 tahun, inilah saatnya untuk menemukan mekanisme baru," tambahnya.

Wilayah Nagorno-Karabakh di Azerbaijan, yang sebagian besar dihuni oleh orang-orang Armenia, telah dikendalikan oleh orang-orang Armenia sejak memisahkan diri dalam perang tahun 1990-an ketika Uni Soviet jatuh.

Tetapi Azerbaijan tidak pernah menyembunyikan keinginannya untuk merebut kembali kendali di daerah tersebut. Dan, tidak ada negara yang pernah mengakui deklarasi kemerdekaan Nagorno-Karabakh. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Bank Dunia Setujui Dana US$12 Miliar untuk Vaksin Covid-19

Baca Juga

MI/RommyPujianto

Tokoh Katolik Indonesia Kecam Pernyataan Presiden Macron

👤Andhika Prasetyo 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 23:39 WIB
Menurutnya, pernyataan kontroversial tersebut mengganggu langkah umat Islam dan Kristen yang sedang membangun persaudaraan dan...
AFP/Karen Minasyan

Armenia-Azerbaijan Sepakat Redakan Konflik Nagorno-Karabakh

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 20:46 WIB
Kesepakatan tersebut dicapai selama pembicaraan di Jenewa antara menteri luar negeri kedua negara dan utusan dari Prancis, Rusia dan...
Antara/Hendra Nurdiyansyah

Jokowi Dinilai Bisa Bujuk Macron Minta Maaf ke Umat Islam

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 19:01 WIB
Jokowi, katanya, dalam konteks pertemanan dapat menyarankan agar Macron menarik pernyataannya dan meminta maaf kepada umat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya