Rabu 14 Oktober 2020, 10:55 WIB

Tips Berkendara Aman Saat Hadapi Aksi Demo

RO | Otomotif
Tips Berkendara Aman Saat Hadapi Aksi Demo

Antara/Paramayuda
.

 

SALAH satu imbas dari adanya aksi unjuk rasa atau demonstrasi (demo) adalah kemacetan di beberapa ruas jalan akibat ditutup atau dialihkan. Agar Anda tetap dapat berkendara dengan aman dan nyaman, Auto2000 memberikan tips ringan dalam menghadapi situasi tersebut.

Pantau Berita Online

Sebelum keluar rumah, sempatkan untuk meng-update situasi melalui situs berita online yang kredibel untuk mengetahui lokasi dan waktu kejadian unjuk rasa.

Tujuannya untuk menghindari dan mencari alternatif jalan lain yang aman. Dalam perjalanan, tetap pantau situasi dan kondisi terkini lewat radio atau media sosial sebagai langkah antisipasi jika ada perubahan situasi.

Manfaatkan Peta Digital

Gunakan aplikasi peta digital untuk mencari rute perjalanan paling baik. Tapi pelajari dahulu rute yang ditawarkan. Pertimbangkan pula alternatif rute lain untuk menjaga segala kemungkinan.

Pantau terus peta digital sepanjang perjalanan. Anda harus mencari rute alternatif bila warna jalan yang akan dilalui berwarna merah pekat yang menandai adanya kemacetan yang parah.

Persiapkan Diri dan Mobil

Siapkan makanan dan minuman sebagai antisipasi terjebak macet parah. Gunakan pakaian sewajarnya untuk memudahkan beraktivitas dan jangan membawa barang berharga yang mencolok. Pergi ke toilet sebelum berangkat dan kenakan masker dan selalu siap handsanitizer.

Untuk kendaraan, pastikan kondisi bahan bakar dan angin ban cukup agar tidak perlu was-was di jalan. Cek cairan kendaraan seperti oli dan minyak rem.

Kendalikan Emosi

Dalam situasi apapun Anda harus menjaga emosi agar dapat mengemudi dengan tenang dan nyaman. Ada potensi menenemui kemacetan saat Anda mencari jalan alternatif karena orang lain juga mungkin mengambil rute yang sama. Oleh sebab itu Anda harus lebih menjaga emosi, fokus dan waspada pada situasi yang ada.

Bersikap Tenang Saat Terjebak Aksi Unjuk Rasa

Ada kemungkinan Anda bertemu para peserta unjuk rasa. Jangan lupa tutup seluruh kaca, pastikan semua pintu terkunci, dan letakkan barang berharga di tempat yang tidak terlihat dari luar. Tidak perlu terpancing emosi bila ada yang melakukan tindakan tidak baik.

Share lokasi ke keluarga atau teman sehingga mereka bisa memantau dan membantu jika terjadi sesuatu yang berbahaya. Jangan perlihatkan wajah tegang atau terdistraksi hal lain seperti main ponsel yang membuat Anda lengah dan memancing orang untuk melakukan kejahatan.

Manfaatkan Auto2000 Digiroom

AutoFamily bisa memanfaakan Auto2000 Digiroom untuk melakukan transaksi sales dan aftersales di rumah saja saat terjadi aksi unjuk rasa/demo sehingga AutoFamily tidak perlu keluar rumah.

“Persiapkan diri dan kendaraan, jaga emosi, fokus, dan tetap waspada saat mengemudi mobil di jalan ketika ada aksi demo. Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 Digiroom siap membantu AutoFamily menggunakan fasilitas dan layanan Auto2000 tanpa harus keluar rumah," ujar Aftersales Division Head Auto2000 jelas Ricky Martawijaya, Rabu (14/10). (S-4)

Baca Juga

Innova Community

Kampanye Eco Driving di Sekolah Kaki Kanan Innova Community

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 26 Oktober 2020, 16:11 WIB
Dengan Sekolah Kaki Kanan, IC berusaha untuk juga meng-influence masyarakat umum untuk turut serta menerapkan eco...
Exxon Mobil

Exxon Mobil Hadirkan Lab Analisis Pelumas Industri

👤RO 🕔Senin 26 Oktober 2020, 15:22 WIB
Laboratorium MSLA hadir di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan para pelaku industri dengan memberikan hasil pengujian yang lebih cepat...
MMKSI

Mitsubishi Luncurkan Layanan Jual Beli Mobkas Berkualitas

👤RO 🕔Senin 26 Oktober 2020, 14:27 WIB
Layanan Diamond Smart Auto menyediakan berbagai pilihan mobil bekas yang bisa diakses melalui situs www.mocil.id/diamondsmartauto mulai 26...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya