Rabu 14 Oktober 2020, 08:55 WIB

Sampah Demonstrasi UU Ciptaker di Jakarta Capai 17,5 Ton

Yanti Nainggolan, Deden Muhamad Rojani | Megapolitan
Sampah Demonstrasi UU Ciptaker di Jakarta Capai 17,5 Ton

ANTARA/Rivan Awal Lingga
Masa membubarkan diri menghindari gas air mata yang ditembakkan petugas saat melakukan aksi tolak Undang-Undang Cipta Kerja di Gambir.

 

DINAS Lingkungan Hidup DKI Jakarta melakukan pembersihan jalan dan fasilitas umum pascaunjuk rasa di pusat kota, Selasa (13/10). Hampir 18 ton sampah terkumpul.

"Total sampah yang berhasil kami angkut 17,5 ton atau 47,43 meter kubik," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih dalam keterangan tertulis, Selasa (14/10).

Sebanyak 500 petugas dikerahkan pada hari yang sama. Demikian juga dengan armada. Rinciannya, 12 unit penyapu jalan otomatis (road sweeper), 12 unit pikap, 11 unit truk sampah anorganik, dan 25 unit truk sampah tiper.

Baca juga: DKI Jakarta Kerahkan 500 Petugas Bersihkan Sampah Sisa Demo

Para petugas tersebar di beberapa lokasi yakni Jalan Medan Merdeka Barat tepatnya di depan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Timur, Tugu Tani, sekitar Jalan Budi Kemuliaan, dan Kawasan Simpang Senen.

"Petugas kami siapkan dengan 650 karung dan 250 sapu. Kami terus lakukan penanganan sampah sampai tuntas," tambah Andono.

Sejumlah organisasi masyarakat menggelar demonstrasi pada Selasa (13/10) siang. Aksi ini dimaksudkan menolak Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker).

Demo serupa dilakukan pekan lalu, Kamis (8/10). Unjuk rasa berakhir ricuh dan mengakibatkan sejumlah fasilitas umum rusak. Kerugian di DKI Jakarta ditaksir mencapai puluhan miliar rupiah. (OL-1)

Baca Juga

MI/Ramdani

Anies: Pandemi, Satu Juta Orang di Jakarta Bekerja dari Rumah

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 19:47 WIB
Orang-orang sekarang bebas bersepeda di pagi hari sebelum berangkat kerja atau kadang berangkat kerja dengan...
MI/ANDRI WIDIYANTO

PSBB Transisi, Taman Margasatwa Ragunan Masih Sepi Pengunjung

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 16:48 WIB
Di hari Sabtu pekan lalu jumlah orang yang datang berada di kisaran 800 pengunjung dan Minggu pekan lalu mencapai 1.500...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Anies: Covid -19 Justru Membuka Peluang Dunia Digital

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 15:53 WIB
Pandemi justru membuat kegiatan masyarakat lebih leluasa lantaran kegiatan dilakukan secara daring, masyarakat lebih bebas memilih...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya