Rabu 14 Oktober 2020, 08:10 WIB

Penyebab Ledakan Beirut, FBI: Tak ada Kesimpulan yang Dicapai

mediaindonesia.com | Internasional
Penyebab Ledakan Beirut, FBI: Tak ada Kesimpulan yang Dicapai

AFP
ledakan di pelabuhan beirut, lebanon

 

BIRO Investigasi Federal (FBI) Amerika Serikat mengakui tak mencapai kesimpulan tepat terkait penyebab ledakan di pelabuhan Beirut pada 4 Agustus yang menewaskan hampir 200 orang dan menyebabkan kerusakan dengan kerugian ditaksir mencapai miliaran dolar.

Badan-badan pemerintah AS dan Eropa yang mengikuti penyelidikan-penyelidikan terhadap ledakan itu sangat yakin ledakan itu merupakan peristiwa kebetulan.

"Tak ada kesimpulan sedemikian yang dicapai," kata juru bicara FBI melalui surel.

Dia mengutip pernyataan sebelumnya soal badan AS yang akan memberikan bantuan investigasi bagi Lebanon dalam penyelidikan mereka.

"Pertanyaan-pertanyaan lebih jauh harus diarahkan ke pihak-pihak berwenang Lebanon sebagai investigator-investigator yang di depan," ucap juru bicara itu.

Baca juga: Palang Merah Lebanon Sebut Banyak Korban masih Terperangkap

Media Lebanon, Selasa (13/10), menyampaikan laporan FBI mengenai ledakan itu diserahkan ke seorang hakim Lebanon pada Senin. FBI enggan berkomentar mengenai laporan-laporan itu.

Dua sumber pemerintah AS yang mengetahui laporan resmi dan analisis mengenai kejadian itu mengatakan bahwa badan-badan AS juga kebanyakan percaya bahwa ledakan itu, yang melibatkan amonia nitrat dalam jumlah besar yang disimpan di sebuah bangunan pelabuhan selama bertahun tahun, merupakan sebuah kecelakaan.

Satu sumber pemerintah Eropa yang mengetahui laporan dan analisis intelijen mengatakan para ahli Eropa yang resmi juga menilai ledakan itu peristiwa kebetulan alias kecelakaan.(Ant/OL-5)

Baca Juga

AFP/Tiziana FABI

Tunangan Khashoggi Gugat Putra Mahkota Arab Saudi di AS

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 11:39 WIB
Cengiz mengaku mengalami kerugian finansial akibat kematian Khashoggi sementara DAWN mengklaim operasi mereka terganggu akibat kematian...
Instagram @jokowi

Jokowi Jadi Nama Jalan di UEA, Kehormatan untuk Indonesia

👤Anggitondi Martaon 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 11:11 WIB
Selain investasi, Indonesia dan UEA menjalin kerja sama di bidang keagamaan, pendidikan, pertanian, kesehatan, dan penanggulangan...
AFP/YURI GRIPAS

Pekan Ini, Menlu Armenia dan Azerbaijan akan Bertemu Menlu AS

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 11:04 WIB
Menlu Azerbaijan Jeyhun Bayramov dan Menlu Armenia Zohrab Mnatsakanyan, menurut kedua kementerian luar negeri tersebut, dijadwalkan bertemu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya