Rabu 14 Oktober 2020, 01:40 WIB

PSN Momen Tingkatkan Peringkat PISA

(Medcom.id/H-1) | Humaniora
PSN Momen Tingkatkan Peringkat PISA

Dok IPB
Logo Pesta Sains Nasional IPB University. Dok IPB

 

KOMPETISI sains seperti Pesta Sains Nasional (PSN) yang digelar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Pertanian Bogor (IPB) University dapat dijadikan momentum mendongkrak peringkat Indonesia dalam Program International Student Assessment (PISA). Meskipun digelar secara daring, perhelatan PSN tahun ini tetap semarak dengan diikuti lebih dari 1.500 siswa-siswi dari 150 SMA berbagai daerah di Indonesia.

"Ini momentum yang tepat untuk meningkatkan peringkat Indonesia dalam PISA. Itu karena di PSN ada berbagai macam lomba, seperti statistika, meteorologi, biologi, kimia, matematika, komputasi, dan juga fisika," kata Dekan FMIPA IPB University Sri Nurdiati, kemarin.

PISA merupakan progam penilaian pelajar internasional yang diselenggarakan tiga tahunan untuk menguji dan memeringkat performa akademis anak-anak sekolah di seluruh dunia. Adapun bidang yang dinilai ialah tingkat baca, kemampuan dalam bermatematika dan sains.

Rektor IPB University Arif Satria mengapresiasi peserta yang ikut berpartisipasi dalam PSN meski dilaksanakan secara daring. Melalui PSN ini, Arif mengajak peserta untuk terus berinovasi dan berkreasi meskipun masih ada pandemi.

Arif menjelaskan, ajang PSN diharapkan dapat mendorong kreativitas karena peserta dituntut memecahkan suatu masalah. (Medcom.id/H-1)

Baca Juga

Biro Pers Istana

Jokowi: Penghormatan Tertinggi untuk Dokter Gugur saat Pandemi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 18:20 WIB
"Keteladanan yang ditunjukkan para dokter di masa pandemi ini telah menginspirasi jutaan anak bangsa untuk saling menolong, saling...
Ist

Osteoporosis Bukan Hanya Soal Kurang Kalsium

👤Eni Kartinah 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 17:43 WIB
Konsumsi obat-obatan golongan steroid dan beberapa jenis penyakit seperti autoimun, ginjal, hati, radang sendi, serta hipertiroid juga bisa...
Dok MI

Perlu Sosialisasi Masif untuk Tingkatkan Pemahaman soal Kanker

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 17:40 WIB
Minimnya informasi tentang kanker, menurut Lestari, menyebabkan masyarakat kerap terlambat dalam mengantisipasi gejala-gejala kanker yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya