Selasa 13 Oktober 2020, 23:26 WIB

Pertamina Kucurkan Pinjaman Modal Rp2,5 M ke UMKM Kalimantan

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pertamina Kucurkan Pinjaman Modal Rp2,5 M ke UMKM Kalimantan

Dok. Pertamina
Program kemitraan Pertaminan dengan UMKM Kalimantan

 

PERTAMINA menyalurkan pinjaman modal usaha kemitraan kepada pelaku UMKM sebesar Rp2,5 miliar. Region Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan Roberth MV Dumatubun mengungkapkan, pinjaman tersebut dibagikan kepada 29 pelaku UMKM di Kalimantan.

"Pinjaman modal usaha ini merupakan Program Kemitraan. Program ini sudah ada sejak tahun 1993 yang merupakan mandat dari Kementerian BUMN," ujar Roberth dalam keterangan resminya, Jakarta, Selasa (13/10).

29 Pelaku UMKM yang menerima pinjaman itu tersebar di tiga provinsi di Kalimantan yaitu, di Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Robert menuturkan, jumlah pemberian pinjaman Program Kemitraan sebesar Rp1,14 miliar per sektor industri, lalu di sektor jasa Rp640 juta dan sektor perdagangan Rp775 juta.

Baca juga : Tekan Pengangguran, Kemenperin Dorong Pelatihan Vokasi Industri

Tujuan pemberian dana Program Kemitraan, kata Robert, untuk meningkatkan kemampuan UMKM dalam berusaha dalam bentuk pinjaman dana bergulir.

"Di tengah pandemi covid-19 ini, banyak UMKM yang terdampak dan memerlukan suntikan modal untuk mulai bangkit dan menata usahanya," kata Roberth.

UMKM penerima pinjaman modal usaha, sebutnya, memiliki usaha yang bervariatif mulai dari perdagangan, jasa dan industri.

Roberth menyebut, pihaknyajuga memberikan pelatihan, pameran, hingga workshop kegiatan ke pelaku UMKM. Salah satu kegiatan pembinaan yang telah berlangsung di 2020 adalah kegiatan Pertamina SMEXPO 2020. (OL-7)

Baca Juga

Dok. Telkomsat

Telkomsat Raih Penghargaan Corporate Image Award 2020

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 03:35 WIB
Penghargaan itu merupakan pembuktian bahwa Telkomsat telah dikenal dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Indonesia melalui melalui...
DOK: PERTAMINA

Pertamina Memberi Energi untuk Indonesia Maju

👤Gan/S1-25 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 03:32 WIB
Bahan bakar ramah lingkungan D100 menjadi ikhtiar Pertamina dalam mewujudkan Nawacita, yakni mengoptimalkan sumber daya dalam negeri untuk...
ANTARA/RAISAN AL FARISI (STR)

Bonus Demografi di Depan Mata, Sektor Perumahan Siap Tangkap

👤Gana Buana 🕔Senin 19 Oktober 2020, 22:40 WIB
Perlu kerja sama strategis dari pemerintah, BP Tapera, perbankan, dan pengembang dalam memanfaatkan peluang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya