Selasa 13 Oktober 2020, 23:24 WIB

Usia Setengah Abad, Yamaha Musik Ikut Bangun Musik Indonesia

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Usia Setengah Abad, Yamaha Musik Ikut Bangun Musik Indonesia

Dok. Yamaha Musik Indonesia
Cikal-bakal Yamaha Musik Indonesia

 

DI tahun ini, tepat 50 tahun kehadiran Yamaha Musik di Indonesia. Semua dimulai ketika Yamaha, perusahaan asal Jepang tertarik untuk menjalin kerjasama dalam pengembangan pendidikan popularisasi musik di Indonesia.

Dari sinilah Yamaha Musik memulai sejarah perjalanannya sebagai perusahaan yang ingin dapat menginspirasi masyarakat di tanah air dan membantu melangkah maju dalam mengekpresikan kepribadian, emosi dan kreativitas.

Pada 1970, Yasuke Sato (perwakilan Yamaha Jepang) bertemu dengan Sri Sultan Hamengkubuwono IX untuk membicarakan kemungkinan jalinan kerjasama mengenai popularisasi musik di Indonesia.

Pada pertemuan tersebut Sri Sultan mengatakan bahwa yang beliau tahu hanyalah kesenian tradisional, kemudian Sri Sultan merekomendasikan Jenderal Polisi Hoegeng Iman Santoso, sebagai seseorang yang tepat memulai kerjasama tersebut dan melalui kecintaan beliau terhadap musik, terbentuklah Yayasan Musik Yamaha yang kemudian berganti nama menjadi Yayasan Musik Indonesia.

Dalam kiprahnya selama 50 tahun di Indonesia, Yamaha Musik telah banyak terlibat dalam berbagai kegiatan musik menjadi penyelenggara, seperti kompetisi band Light Music Contest yang kemudian berganti nama menjadi Band Explosion. yang melahirkan musisi ternama Indonesia ikut berpartisipasi seperti Yovie Widianto (Kahitna), Trie Utami (Krakatau Band), Ruth Sahanaya, Emerald dan beberapa musisi Indonesia terkenal lainnya.

Selain itu, juga menjadi sponsor acara musik berskala nasional dan internasional seperti Festival Lagu Populer Tingkat Nasional yang sangat terkenal pada masanya serta Java Jazz Festival.

Aditya S.Hoegeng Vice President Director PT. Yamaha Musik Indonesia Distributor mengatakan, musik adalah suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

"Musik adalah bahasa universal antar bangsa di dunia. Hal inilah yang mendasari Yamaha Musik untuk terus memberikan kontribusi kepada masyarakat di tanah air, “ kata Aditya saat perayaan ulang tahun Yamaha Musik  secara daring, Senin (12/10).

Baca juga : Pelestari Orang Utan Sumatera asal Inggris Raih Penghargaan Ratu

Dia berharap Yamaha Musik dapat terus menginspirasi dan memberikan kebahagiaan kepada semua melalui suara dan musik.

Di kesempatan sama, President Director PT Yamaha Musik Indonesia Distributor Osamu Izawa mengapresiasi dukungan banyak pihak terhadap Yamaha Musik Indonesia, sehingga bisa berkontribusi pada musik di Indonesia..

Pada peringatan 50 tahunnya ini, akan ada berbagai aktivitas online yang digelar Yamaha Musik, diantaranya perilisan halaman khusus 50 tahun Yamaha Musik di Indonesia pada situs id.yamaha.com.

Kegiatan online lainnya yang tidak kalah menarik adalah Short Movie Contest yang akan diadakan pada pertengahan bulan November 2020. Pemenang pertama dari kontes tersebut akan mendapatkan sebuah digital piano Clavinova. Tidak lengkap apabila semua aktigitas online tidak menyertakan tagar yang memang telah menjadi trend saat ini.

Setelah sukses dengan tagar #DiRumahPakeYamaha, kali ini Yamaha Musik menggunakan tagar #YamahaMusik50 dan #SekarangGiliranKalian untuk perayaan 50 tahunnya. Sebagai informasi, semua aktivitas perayaan 50 tahun ini akan berlangsung sampai dengan Maret 2021.

50 tahun bukanlah waktu yang singkat dalam sebuah perjalanan usaha. Bukan hanya kesuksesan, tetapi berbagai tantangan dan rintangan juga ikut mewarnai eksistensi Yamaha Musik di Indonesia.

Dimulai dari membuka sebuah kursus Electone, sampai sekarang diler dan sekolah musik Yamaha telah tersebar di lebih dari 120 lokasi di seluruh Indonesia. Meskipun demikian, Yamaha Musik berkomitmen untuk terus melangkah maju dan memberikan inspirasi serta kebahagiaan kepada masyarakat di tanah air melalui suara dan musik. (OL-7)

Baca Juga

Ist

AKM Memacu Guru Perbaiki Mutu Pembelajaran di Kelas

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 21:24 WIB
Dengan Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) dan Survei Karakter (SK), guru akan termotivasi untuk memperbaiki mutu proses...
Antara

Menag Ajak Ormas Menggerakan Wakaf Uang

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 20:46 WIB
Fachrul menjelaskan, wakaf uang juga memiliki prospek sebagai salah satu pilar mewujudkan visi Indonesia sebagai pusat pertumbuhan ekonomi...
ANTARA/Muhammad Iqbal

Kasus Covid-19 Hari ini Tambah 3.602

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 20:35 WIB
Kasus aktif merupakan pasien yang masih terinfeksi virus korona dan mengidap covid-19. Mereka bisa menjalani perawatan di rumah sakit atau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya