Selasa 13 Oktober 2020, 21:05 WIB

Adhi Karya Sebut Progres LRT Jabodetabek Capai 77%

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Adhi Karya Sebut Progres LRT Jabodetabek Capai 77%

Antara/Risky Andrianto
Pembanguan LRT Jabodetabek

 

PT Adhi Karya mengungkapkan, progres pembangunan kereta light rapid transit (LRT) yang menghubungkan Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi atau LRT Jabodebek mencapai 77% per September 2020.

"'Rute LRT Jabodetabek memiliki panjang 44 km," ungkap Corporate Secretary Adhi Karya Parwanto Noegroho dalam keterangan resminya, Jakarta, Selasa (13/10).

Parwanto mengatakan, secara detail tahapan LRT Jabodetabek terbagi beberapa seksi. Pertama, pada lintas pelayanan 1 Cawang-Cibubur capai 91%. Lalu Lintas pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas progres mencapai 93%. Untuk lintas pelayanan 3 Cawang – Bekasi Timur sebesar 87% dan depo mencapai 24%

Pihaknya bakal membuat jalur kereta tersebut membentang lengkung. Dan hal itu, katanya, merupakan lengkungan terpanjang dan pertama di Indonesia. Lalu, penggunaan struktur U-Shaped Girder pertama dan terpanjang di Indonesia.

Baca juga : Komisi XI DPR RI Minta Pembangunan Tol Cisumdawu Dipercepat

Parwanto menambahkan, untuk U-shaped girder atau gelagar berbentuk huruf u merupakan struktur konstruksi yang diadopsi dari Prancis. Teknologi itu dipilih karena dianggap desainnya ramping, sesuai dengan ketersediaan ruang pada kota-kota yang padat, seperti di Jakarta.

"Selain ramping, desain ini memiliki berbagai keunggulan, antara lain memiliki kelebihan tahan gempa dan mampu meredam kebisingan," jelas Parwanto.

Di samping penggunaan “U” Shaped, LRT Jabodebek bakal menggunakan teknologi third rail untuk mendistribusikan pasokan listriknya, sehingga tidak ada kabel melintang di atas jalur yang akan menambah estetika dan ramah dengan arsitektur kota Jakarta. (OL-7)

Baca Juga

Dok. Telkomsat

Telkomsat Raih Penghargaan Corporate Image Award 2020

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 03:35 WIB
Penghargaan itu merupakan pembuktian bahwa Telkomsat telah dikenal dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Indonesia melalui melalui...
DOK: PERTAMINA

Pertamina Memberi Energi untuk Indonesia Maju

👤Gan/S1-25 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 03:32 WIB
Bahan bakar ramah lingkungan D100 menjadi ikhtiar Pertamina dalam mewujudkan Nawacita, yakni mengoptimalkan sumber daya dalam negeri untuk...
ANTARA/RAISAN AL FARISI (STR)

Bonus Demografi di Depan Mata, Sektor Perumahan Siap Tangkap

👤Gana Buana 🕔Senin 19 Oktober 2020, 22:40 WIB
Perlu kerja sama strategis dari pemerintah, BP Tapera, perbankan, dan pengembang dalam memanfaatkan peluang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya