Selasa 13 Oktober 2020, 20:10 WIB

La Nina Akibatkan Curah Hujan Tinggi dan Tingkatkan Gelombang Laut

Lilik Darmawan | Nusantara
La Nina Akibatkan Curah Hujan Tinggi dan Tingkatkan Gelombang Laut

MI/Lilik Darmawan
Kapal-kapal kecil milik nelayan di Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) terparkir pada Selasa (13/10).

 

Fenomena global La Nina yang juga terjadi di Indonesia, tidak saja berdampak pada curah hujan yang tinggi, melainkan juga berpengaruh terhadap cuaca di laut. La Nina bakal meningkatkan tinggi gelombang karena kecepatan angin meningkat.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo mengatakan bahwa La Nina bakal berdampak pada ketinggian gelombang. ''La Nina merupakan fenomena global. Di Indonesia akan meningkatkan curah hujuan antara 20% hingga 40%, tergantung daerah masing-masing. La Nina akan berdampak pada peningkatan kecepatan angin. Padahal kita tahu bahwa angin merupakan pembangkit utama gelombang di laut. Sehingga ada potensi gelombang tinggi,'' ujar Eko usai pembukaan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) di Cilacap, Jawa Tengah pada Selasa (13/10) sore.

Dia mengatakan dengan adanya dampak La Nina tersebut, maka nelayan harus beradaptasi terhadap lingkungannya. ''Adaptasi terhadap lingkungan merupakan kunci agar nelayan aman dan selamat saat menangkap ikan. Mitigasi menjadi penting, dengan mengetahui prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG,'' kata Eko.

Sementara Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan bahwa SLCN diikuti oleh 25 nelayan dan petugas dinas terkait. Mereka akan diajari untuk mengetahui prakiraan cuaca. ''Sehingga nantinya, nelayan akan lebih tahu mengenai cuaca di laut. Harapannya, mereka aman saat menangkap ikan. Hal yang paling penting adalah mengetahui kondisi cuaca,'' kata dia.

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rahman mengatakan bahwa dengan adanya SLCN diharapkan akan membuat nelayan lebih mengetahui kondisi cuaca khususnya di laut. ''SLCN ini akan memberikan pengetahuan bagi nelayan. Sehingga nelayan akan menyesuaikan dengan alam, bukan sebaliknya alam yang menyesuaikan dengan nelatan. Jika demikian, maka nelayan akan selamat dan hasil tangkapan bakal meningkat,'' tandasnya. (LD/OL-10)

Baca Juga

DOK. SIPINDO

Pemprov Sumsel Rekrut Seribu Penyuluh Pertanian

👤Dwi Apriani 🕔Minggu 01 November 2020, 09:02 WIB
"Penyuluh adalah garda terdepan mengawal program utama dan mendampingi petani mencapai target produksi pertanian...
ANTARA/Noveradika

Gubernur DIY Tetapkan UMP DIY 2021 Naik 3.54%

👤Agus Utantoro, Ardi Teristi Hardi 🕔Minggu 01 November 2020, 08:26 WIB
"Kenaikan UMP DIY ini lebih tinggi dari Jateng yang naik sebesar...
Dok LOPO BELAJAR ANAK TIMOR

Anak-Anak di Pinggiran Kota Kupang Jalani Pemeriksaan Kesehatan

👤Palce Amalo 🕔Minggu 01 November 2020, 07:54 WIB
Kegiatan tersebut diikuti 25 anak dari Taman Baca Malile di kelurahan setempat dan digelar secara rutin sebagai upaya untuk mendeteksi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya