Selasa 13 Oktober 2020, 18:45 WIB

TPNPB-OPM Tak Peduli dengan Ancaman Pemerintah

Emir Chairullah | Politik dan Hukum
TPNPB-OPM Tak Peduli dengan Ancaman Pemerintah

DOK KEMENKO POLHUKAM
TGPF Intan Jaya

 

TENTARA Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) tidak peduli dengan gertakan pemerintah yang akan memburu mereka. Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom menegaskan, pihaknya akan meladeni tantangan tersebut. 

“Kami tuan tanah, pemilik negeri. Jadi pasukan TNI/Polri mau cari pasukan TPNPB-OPM silakan datang di medan tempur,” katanya ketika dihubungi mediaindonesia.com, Selasa (13/10).

Hal tersebut dikatakannya menanggapi penegasan pemerintah melalui Menko Polhukam Mahfud MD yang akan memburu TPNPB-OPM karena mendalangi penembakan Anggota Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Intan Jaya, Bambang Purwoko. “Itu yang akan kita buru. Itu tugas negara memburu yang begitu, karena itu kriminal," tegas Mahfud.

Lebih lanjut Sebby menyebutkan, pihaknya tidak khawatir dengan ancaman tersebut karena berada di pihak yang benar. “Kami tahu roh leluhur bangsa Papua tetap di pihak pasukan TPNPB-OPM,” tegasnya.

Baca juga : Pemerintah akan Memburu TPNPB-OPM

Sebelumnya Sebby menegaskan, pihaknya menolak investigasi yang dilakukan TGPF karena hasilnya dipastikan tidak independen. “Kami menolak investigasi TGPF karena beberapa anggotanya terdiri TNI, Polri, dan BIN. Bagaimana mungkin hasilnya bisa dipercaya kalau yang memeriksa adalah pelakunya (aparat keamanan) sendiri,” katanya.

Menurut Sebby, pihaknya meyakini penembakan Yeremia Zanambani dan sejumlah korban lain pada September lalu dilakukan aparat keamanan Indonesia. “Kita sudah umumkan bahwa pelaku penembakan pendeta merupakan aparat TNI, tapi tidak dipedulikan,” jelasnya. (P-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Sempat Terjadi Kericuhan, Demo Omnibus Law Berakhir Tertib

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 20:54 WIB
Aksi itu dapat diredam setelah personel Marinir membujuk dan mengawal massa untuk membubarkan...
Antara

Dilobi Presiden, NU Kukuh Tolak RUU Ciptaker

👤Emir Chairullah 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 20:05 WIB
Namun demikian, ungkap Ketua Umum PBNU Said Aqil Siraj, pihaknya tetap menggunakan jalur konstitusional untuk melakukan...
Antara

Aktivis '98 Ingatkan BEM-SI Waspadai Penumpang Gelap

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 19:55 WIB
TOKOH aktivis '98, Wahab Talaohu, mengingatkan Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM-SI) mewaspadai adanya penumpang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya