Selasa 13 Oktober 2020, 18:40 WIB

Wapres Minta Kepala Daerah Segera Genjot Belanja Daerah

Emir Chairullah | Ekonomi
Wapres Minta Kepala Daerah Segera Genjot Belanja Daerah

Antara
Ilustrasi

 

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin kembali mengingatkan kepala daerah untuk segera merealisasikan penyerapan belanja daerah.

Ia meyakini pertumbuhan ekonomi nasional bisa membaik apabila hal tersebut direalisasikan.

“Presiden pada awal September 2020 juga telah menghimbau kepada seluruh kepala daerah, bahwa belanja negara atau daerah, merupakan salah satu solusi kunci bagi pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Karena itu hal tersebut harus segera direalisasikan agar pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini dapat mencapai angka positif,” katanya saat Pembekalan kepada Alumni PPRA 60 dan Peserta PPRA 61 Tahun 2020 Lemhannas RI melalui video conference, Selasa (13/10).

 

Ma’ruf mengakui, pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 saat ini tampaknya masih sulit untuk dicapai.

Pasalnya, kapasitas produksi, tingkat konsumsi, dan investasi berbagai negara di dunia termasuk Indonesia, terus menurun dan melemah.

“Namun pemerintah terus mengupayakan agar pertumbuhan ekonomi pada kuartal empat 2020 tidak kembali negatif, sehingga keseluruhan pertumbuhan 2020 tidak mengalami kontraksi yang terlalu dalam,” ujarnya.

 

Pemerintah, ungkapnya, secara konsisten melakukan serangkaian kebijakan dalam rangka penanganan dampak pandemi.

Refocusing dan realokasi anggaran negara dilakukan untuk penanganan kesehatan dan keselamatan masyarakat termasuk tenaga medis.

“Pemerintah juga memastikan perlindungan dan jaring pengaman sosial untuk masyarakat miskin dan rentan serta memberikan berbagai dukungan serta insentif bagi UMKM dan dunia usaha,” ucapnya.

Selain itu, tambah Ma’ruf, pemerintah bersama otoritas moneter dan jasa keuangan secara simultan menerbitkan sejumlah kebijakan fiskal, moneter dan pengaturan jasa keuangan untuk menangani dampak pandemi, melindungi ekonomi masyarakat, dan mendukung dunia usaha.

“Diharapkan melalui berbagai kebijakan ini, perekonomian masyarakat dan dunia usaha dapat kembali bergulir normal sehingga roda perekonomian kembali bergerak,” pungkasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

Antara

BI : ISEF 2020 Catat Transaksi Sebesar Rp5,03 Triliun

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 23:39 WIB
Angka tersebut terdiri dari kesepakatan pembiayaan, komitmen transaksi business to business, transaksi ritel business to consumer, dan...
Antara/Aditya Pradana Putra

Bantu UMKM Bangkit, Kemendikbud Gelar Pasar Budaya Daring

👤SuryaniWandari Putri Pertiwi 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 21:50 WIB
Pasar budaya adalah sebuah marketplace dari Ditjen Kebudayaan Kemendikbud yang bekerja sama dengan perusahaan teknologi Indonesia,...
MI/Ramdani

AP II : Airport 4.0 Menjadi Basis Transformasi Kedepan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 20:31 WIB
“Pada pekan lalu, kami mencanangkan Second Curve Transformation periode 2020 - 2024 untuk memasuki era Airport 4.0," ujar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya