Selasa 13 Oktober 2020, 17:43 WIB

Putus Rantai Penularan Covid-19 Lewat 3M dan 3T

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Putus Rantai Penularan Covid-19 Lewat 3M dan 3T

Antara/Didik Suhartono
Sosialisasi penerapan rptokol kesehatan di Surabaya, jawa Timur

 

KETUA Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Sonny Harry B Harmadi mengatakan, perubahan perilau masyarakat menjadi salah satu faktor penting dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19.

Dia menuturkan, berdasarkan penelitian dari berbagai negara menunjukkan bahwa kebiasaan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan), terbukti efektif menurunkan angka penularan virus.

“Contoh kasus, pakai masker saja di beberapa negara yang menerapkan secara ketat, dalam waktu 21 hari angkanya langsung turun. Kasus penularannya bisa tinggal 25 persen, jadi besar sekali dampaknya,” kata Sonny dalam konferensi pers, Selasa (13/9).

Baca juga : Update Covid-19: Pasien Positif 340.622, Sembuh 263.296

Sonny menuturkan, 17 persen masyarakan Indonesia yang tidak percaya terhadap covid-19, bisa berdampak kepada 83 persen masyarakat lainnya. Padahal, perubahan perilaku merupakan upaya di hulu untuk mengurangi beban fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan yang berada di hilir.

Selain 3M, upaya penanganan kesehatan dengan 3T (testing, tracing, dan treatment) juga perlu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

“Jadi kalau 3M dan 3T dilakukan secara bersamaan, penularan bisa diputus dengan lebih cepat. Jadi perubahan perilaku adalah partisipasi masyarakat. Kalau semua orang Indonesia patuh, dampaknya akan jadi besar,” tandasnya. (OL-7)

Baca Juga

DOK KOMINFO

Anak Muda Berperan Besar Satukan Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 13:26 WIB
Sejumlah video unjuk bakat beserta kreatifitas anak muda menunjukkan betapa hebatnya budaya bangsa...
MI/Alexander P Taum

Wamenag Minta Warga Wajib Rawat Kebhinekaan dan Jaga Indonesia

👤Alexander P Taum 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 12:44 WIB
Berbicara dalam kesepatan tatap muka bersama FKUB Kabupaten Lembata serta keluarga besar Kementerian Agama, Zainut menegaskan Indonesia...
ANTARA/FB Anggoro

253 Petugas Medis Wafat Akibat Covid-19

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 12:35 WIB
Dokter dan tenaga kesehatan lainnya merupakan garda terdepan saat menghadapi pandemi covid-19. Perlindungan terhadap mereka juga harus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya