Selasa 13 Oktober 2020, 16:49 WIB

Permintaan masih Lemah Inflasi Tetap Rendah

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Permintaan masih Lemah Inflasi Tetap Rendah

ANTARA/Moch Asim
.

 

INFLASI akan tetap rendah sejalan dengan permintaan yang belum kuat dan pasokan yang memadai. Hal tersebut terlihat dari Indeks Harga Konsumen (IHK) pada September 2020 yang tercatat deflasi 0,05% (mtm) sehingga inflasi IHK sampai September 2020 tercatat 0,89% (ytd).

Secara tahunan, inflasi IHK tercatat rendah sebesar 1,42% (yoy). Sebenarnya angka ini lebih tinggi dari inflasi Agustus 2020 sebesar 1,32% (yoy).

"Inflasi yang rendah dipengaruhi turunnya inflasi inti sejalan permintaan domestik yang belum kuat serta konsistensi Bank Indonesia mengarahkan ekspektasi inflasi dalam kisaran target dan menjaga stabilitas nilai tukar," ungkap Gubernur Bank indonesia (BI) dalam konferensi pers Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI secara daring, Selasa (13/10).

Perry menambahkan bahwa inflasi kelompok volatile food tetap rendah dipengaruhi berlanjutnya penurunan harga bahan pangan seiring permintaan domestik yang belum kuat, pasokan yang memadai sejalan panen di beberapa sentra produksi, distribusi yang terjaga, dan harga komoditas pangan global yang rendah.

Selain itu, inflasi kelompok administered prices melambat terutama didorong berlanjutnya penurunan tarif angkutan udara. "Bank Indonesia memprakirakan inflasi 2020 lebih rendah dari batas bawah target inflasi dan kembali ke sasarannya 3,0% ± 1% pada 2021," ujar Perry.

"Bank Indonesia konsisten menjaga stabilitas harga dan memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, guna mengendalikan inflasi tetap dalam kisaran targetnya," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Inflasi Oktober Diprediksi 0,05% Secara Antarbulan

👤Fetry Wuryasti 🕔Senin 26 Oktober 2020, 11:13 WIB
Perekomian Indonesia akan mengalami inflasi sebesar 0,05% month on month (mom) atau 1,4% secara tahunan (year on year/yoy) pada...
Antara

Sistem Perbendaharaan Andal, Praktik Lancung Dapat Dicegah

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 26 Oktober 2020, 10:49 WIB
Indonesia telah memiliki sistem pengelolaan keuangan dan perbendaharaan negara yang dapat diandalkan di tengah tekanan pandemi...
Ist/Sinar.Tani

Sektor Pertanian Menjanjikan Bagi Kaum Milenial

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 26 Oktober 2020, 09:44 WIB
Misalnya, Agus Ali Nurdin, petani milenial yang pernah ikut magang Kementan di Jepang, menceritakan bahwa penghasilnya dari usaha tani...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya