Selasa 13 Oktober 2020, 15:39 WIB

Gubernur BI Yakin Perbaikan Ekonomi Global Terus Berlanjut

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Gubernur BI Yakin Perbaikan Ekonomi Global Terus Berlanjut

AFP/Angela Weiss
.

 

SAAT ini perbaikan perekonomian global terus berlanjut sesuai prakiraan sebelumnya. Hal ini dipengaruhi besarnya stimulus fiskal di beberapa negara maju, terutama Amerika Serikat (AS).

"Perbaikan juga didukung oleh pemulihan ekonomi Tiongkok sebagai dampak dari besarnya stimulus fiskal dan berkurangnya penyebaran covid-19 yang meningkatkan investasi di sektor manufaktur di tengah terbatasnya perbaikan ekonomi negara berkembang lain," ungkap Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam konferensi pers Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI secara daring, Selasa (13/10).

Menurut Perry, pemulihan ekonomi global telah mendorong peningkatan beberapa indikator dini pada September 2020, seperti mobilitas masyarakat global, Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur dan jasa di beberapa negara, serta keyakinan konsumen di AS dan kawasan Eropa.

Ke depan, kata Perry, melanjutnya perbaikan ekonomi global didorong oleh berkurangnya penyebaran covid-19, meningkatnya mobilitas masyarakat, dan berlanjutnya stimulus kebijakan. "Perbaikan ekonomi global tersebut mendorong kenaikan volume perdagangan dan harga komoditas dunia sesuai prakiraan sebelumnya," ujar Perry.

Namun, ketidakpastian pasar keuangan global dikatakan tetap tinggi. Hal ini dipicu isu geopolitik seperti ketidakpastian pemilu AS dan perundingan Brexit serta ketegangan hubungan dagang AS-Tiongkok.

"Perkembangan ini berdampak pada terbatasnya aliran modal ke negara berkembang dan menahan penguatan mata uang berbagai negara, termasuk Indonesia," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/Dedhez Anggara (STR)

Target Tinggi, Akselerasi FLPP Tahun Depan Mesti lebih CepatĀ 

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 22:15 WIB
Dengan target penyaluran KPR FLPP 2021 sebesar 157.500 unit senilai Rp19,1 triliun, bank pelaksana harus bekerja dua kali...
MI/Susanto

Sri Mulyani: Kesenjangan Teknologi Terjadi di Indonesia

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 21:59 WIB
Transformasi digital itu dilakukan melalui pemberian subsidi berupa internet gratis kepada siswa, guru hingga pendidikan tinggi guna...
Dok OJK

Perkokoh Daya Tahan Ekonomi, OJK Dukung Kemendes Dirikan LKD

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 21:56 WIB
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan keberadaan LKD ini sejalan dengan program OJK, Kemendes, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya