Selasa 13 Oktober 2020, 15:00 WIB

Promosikan Produk UKM, Kemendag Gelar Lomba Video

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Promosikan Produk UKM, Kemendag Gelar Lomba Video

ANTARA/Dedhez Anggara
Perajin menyelesaikan pembuatan kursi rotan di Kapetakan, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (10/10/2020).

 

BERBAGAI upaya terus dilakukan Kementerian Perdagangan untuk membangkitkan sektor usaha kecil dan menengah di masa pandemi caovid-19. Kali ini Kemendag menggandeng komunitas UKM untuk mempromosikan produk-produk UKM, salah satunya dengan menggelar lomba video pernak-pernik unik Bangga Buatan Indonesia (BBI).

“Komunitas UKM berperan penting dalam pengembangan UKM karena memiliki jaringan yang kuat, mempunya data dan informasi, serta memahami kondisi terkini di lapangan. Kami berharap UKM dapat bersinergi dengan gerakan nasional BBI untuk meningkatkan perekonomian, khususnya di masa pandemi covid-19 ini,” ungkap Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam keterangan resminya, Selasa (13/10).

Baca juga: Kebijakan Pemerintah Bukti Keberpihakan kepada UKM

Dikatakan bahwa lebih dari 70 penggiat dan komunitas UKM menghadiri acara sosialisasi secara virtual. Sedangkan yang hadir secara langsung terdapat tujuh perwakilan UKM, yaitu Womenpreneur Community, OKE OCE, Wiranesia, Himpunan Pengusaha Nahdliyin, Karya Nusantara, mendekor.com, serta Tangan Di Atas.

Lomba video pernak-pernik unik ditujukan bagi UKM yang akan menampilkan profil dan produk unggulannya. Kegiatan ini sekaligus mendorong UKM untuk go digital dalam berpromosi dan bertransaksi.

Pendaftaran lomba dapat dilakukan melalui media sosial Instagram dan Facebook dengan menyertakan tagar #VideoBBIKemendag. Waktu pendaftaran lomba dibuka sejak 12 Oktober sampai 27 November 2020. Bagi video terpilih dan terbaik, Kemendag akan memberikan penghargaan di acara puncak penganugerahan BBI Award pada Desember 2020.

Agus juga menjelaskan, konsumen telah mengalami pergeseran transaksi dari luring menjadi daring. Perkembangan teknologi mendorong semua kalangan, termasuk bidang ekonomi untuk beradaptasi. Untuk itu, pemerintah mendorong UKM agar segera beradaptasi menyikapi perubahan dunia dan konsumen.

“Konsumen saat ini semakin melek internet dan kritis terhadap produk-produk yang dijual. Sehingga, UKM perlu memanfaatkan berbagai platform informasi dan perdagangan untuk mempromosikan produknya dengan cara yang lebih efektif dan menarik,” ujarnya.

Agus berharap, lomba video ini dapat memacu UKM untuk berkreasi dan menghasilkan produk unggulan melalui pemanfaatan teknologi digital.

“UKM berperan penting sebagai penopang perekonomian bangsa yang menggerakkan ekonomi dan menjaga daya beli masyarakat, apalagi di tengah pandemi saat ini. Kami berharap UKM dapat memasarkan produknya dengan mengoptimalkan teknologi digital,” pungkas Agus. (Des/A-1)

Baca Juga

Ist/Kementan

Petani Milenial Berjuang Turut Entaskan Rentan Rawan Pangan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 16:07 WIB
Salah satu upaya yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian dalam hal ini Badan Ketahanan Pangan melalui kegiatan Pertanian...
Antara

Subsidi Upah Termin II Cair Lagi Awal November

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 16:03 WIB
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dalam waktu dekat akan menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) termin II untuk pegawai swasta yang...
Antara

BI Prediksi Inflasi Akhir Tahun di bawah 2%

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 15:56 WIB
Dalam laporan perkembangan inflasi, sampai dengan September 2020 inflasi terpantau sangat rendah di seluruh daerah dan secara nasional...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya