Selasa 13 Oktober 2020, 14:18 WIB

Pemprov DKI akan Data Bangunan Rawan Longsor

Hilda Julaika | Megapolitan
Pemprov DKI akan Data Bangunan Rawan Longsor

ANTARA/Anis Efizudin
.

 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta akan melakukan penelusuran bangunan-bangunan yang melanggar sempadan sungai. Surat edaran terkait hal tersebut pun sudah diterbirkan.

“Nah kami minta kemarin dan sudah mengedarkan surat Kasudin Citata terkait dengan daerah-daerah yang berbukit-bukit di situ. Ini untuk mencermati semua kondisi daerah. Apapun bisa terjadi (bangunan roboh dan menyebabkan longsor) dengan kondisi medan. Perbedaan kontur yang begitu tinggi akan berpotensi sekali terjadi,” kata Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan DKI Jakarta Heru Hermawanto saat dihubungi Media Indonesia, Selasa (13/10).

Adapun wilayah-wilayah di Ibu Kota yang menjadi target penulusuran yakni wilayah timur dan selatan. Pasalnya, kedua wilayah ini memiliki perbedaan kontur tanah yang cukup besar.

Seperti diketahui, sebelumnya terdapat musibah banjir dan longsor di Perumahan Melati Residence bertepatan di Kecamatan Jagakarsa. Heru mengatakan musibah ini bisa terjadi disebabkan keadaan tanah gembur dengan kondisi bangunan di tepi yang curam dekat sungai.

“Potensi seperti ini hampir di mana saja bisa terjadi. Kondisi tanah seperti itu, tanah merah. Dengan posisi bangunan seperti itu, mungkin hanya beberapa tahun bisa bertahan tapi lama-lama juga air meresap sehingga akan terjadi likuefaksi tanah (pencairan tanah),” paparnya.

Dengan kondisi itu, sudah seharusnya bangunan dibongkar. Hal tersebut tidak bisa lagi dilakukan perbaikan, karena mengancam masyarakat dan pemilik bangunan.

“Saya minta nanti pengembang itu bertanggung jawab. Minimal dalam waktu cepat menurut saya harus dibongkar itu. Karena ditempatin juga, pemilik bangunan pasti takut. Tanahnya bukan tanah padas. Kalau padas, aman,” pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Pasien RSDC Wisma Atlet Terus Berkurang

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 04:25 WIB
JUMLAH pasien rawat inap covid-19 di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran terus mengalami...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Demo Buat Pengawasan Klaster Perkantoran Kendur

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 04:20 WIB
KASUS positif virus korona baru (covid-19) di Jakarta masih terus bertambah. Mereka terpapar dari berbagai tempat, terutama dari...
Dok. MI

Lerai Bentrok Ormas, Kapolsek Terluka

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 03:35 WIB
DUA organisasi kemasyarakatan (ormas) terlibat bentrok di Jalan Ciledug Raya, Larangan, Kota Tangerang, Kamis (29/10), pukul 00.15...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya