Selasa 13 Oktober 2020, 14:06 WIB

Pertamina Pastikan Ketersediaan Stok Sarana dan Fasilitas Avtur

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Pertamina Pastikan Ketersediaan Stok Sarana dan Fasilitas Avtur

ANTARA/Iggoy el Fitra
Ilustrasi

 

PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III memastikan ketersediaan stok serta sarana dan fasilitas (sarfas) Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) berupa avtur.

Untuk menjaga pelayanan industri aviasi ini, manajemen MOR III melakukan pemantauan ke Soekarno-Hatta Fuel Terminal Hydrant Installation (SHAFTHI), di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.

Baca juga: Gandeng Modal Rakyat, BRI Salurkan Rp30 Miliar Kepada UMKM

"Pemantauan dilakukan untuk melihat kehandalan sarfas Pertamina. Terutama untuk industri aviasi, dimana kami harus memastikan sarfas dan peralatan berada dalam kondisi baik, serta aspek keamanan dan keselamatan diterapkan secara sempurna, sehingga operasional penyaluran avtur berjalan dengan maksimal," ungkap General Manager MOR III Werry Prayogi dilansir dari keterangan resmi, Selasa (13/10).

Senada dengan itu, Unit Manager Communication Relations dan CSR MOR III Eko Kristiawan menjelaskan, DPPU Pertamina di kawasan Cengkareng ini terdiri dari dua fasilitas DPPU yakni SHAFTHI dan Soekarno Hatta Into Plane Service (SHIPS). Keduanya melayani distribusi avtur ke pesawat udara di tiga terminal bandara Soekarno-Hatta.

Eko menambahkan, avtur di Soekarno-Hatta memperoleh suplai dari Refinery Unit II Dumai dan Refinery Unit IV Cilacap. Dengan moda distribusi jalur laut, Avtur diterima di DPPU dan dialirkan ke terminal 1, 2 dan 3 di Soekarnk-Hatta melalui jalur pipa.

"Konsumsi Avtur saat ini masih rendah karena pandemi covid-19 membatasi minat perjalanan dengan pesawat udara serta penutupan penerbangan internasional," ujar Eko.

Dia menjelaskan, frekuensi penerbangan di Cengkareng mengalami penurunan hingga kurang lebih 45 persen dibandingkan tahun 2019 karena pandemi covid sejak bulan Maret 2020.

"Namun kami memastikan pasokan avtur tetap berjalan dan siap memenuhi kebutuhan jika sewaktu-waktu kondisi permintaan kembali normal," tambahnya.

Selain Soekarno-Hatta, MOR III yang melingkupi Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten, juga melayani kebutuhan Avtur melalui 5 DPPU lain yang tersebar di Jawa bagian Barat. Yakni, DPPU Halim Perdana Kusuma dan DPPU Pondok Cabe di Jakarta, DPPU Husein Sastra Negara di Bandung dan DPPU Kertajati di Majalengka, Jawa Barat. (OL-6)

Baca Juga

Antara

Presiden Optimistis Perekonomian Lekas Membaik, Ini Indikatornya

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 21:35 WIB
"Tetapi dibandingkan dengan negara-negara lain, kontraksi ekonomi Indonesia relatif lebih landai dan saya meyakini Insyaallah mampu...
ANTARA/Abriawan Abhe

Tiga Bulan, Tripartit Nasional Bahas RPP Turunan UU Ciptaker

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 20:30 WIB
Saat ini pemerintah bersama Tripartit Nasional (perwakilan pemerintah, pengusaha, dan SP/SB) dan akademisi telah mulai membahas...
ANTARA/Kahfie Kamaru

Industri Halal Dukung Neraca Dagang

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 20:15 WIB
Produk makanan menjadi pangsa Brasil dengan 10,51%. Produk kosmetik di urutan pertama dari Prancis sebesar 17,38%. Obat-obatan didominasi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya