Selasa 13 Oktober 2020, 09:54 WIB

Tol Cimanggis-Cibitung akan Lengkapi Jaringan Ruas JORR

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Tol Cimanggis-Cibitung akan Lengkapi Jaringan Ruas JORR

ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Sejumlah pekerja menyelesaikan proyek konstruksi jalan Tol Cimanggis-Cibitung seksi II di kawasan MM 2100,

 

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengerjakan pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung untuk melengkapi struktur jaringan jalan di tol lingkar dalam kota dan lingkar luar (Jakarta Outer Ring Road/JORR).

"Pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,18 km untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek, yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan lingkar luar (Jakarta Outer Ring Road/JORR) I yang sudah operasional dan JORR-2 yang tengah dalam proses konstruksi," ucap Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR dalam keterangan tertulisnya, Selasa (13/10).

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dikelola oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways secara keseluruhan memiliki total panjang 26,18 km dan merupakan bagian dari salah satu akses tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2.

Jalan Tol ini terdiri dari 2 seksi, yaitu Seksi 1a ruas Junction Cimanggis - On/Off Ramp Jatikarya / Transyogi (3,17 Km). Seksi 1a disebutkan, progresnya pembangunannya telah mencapai 99 % dan telah dilakukan perbaikan- perbaikan setelah dilakukan uji coba Uji Laik Fungsi (ULF) yang dilaksanakan oleh PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korps Lalu Lintas Kepolisian.

Sedangkan untuk Seksi 2 ruas On/Off Ramp Jatikarya-Junction Cibitung (23,01 km) yang saat ini progres konstruksinya telah mencapai 73,2% ditargetkan konstruksinya selesai pada Maret 2021.

Baca juga:  Pengadaan Lahan Tol Cimanggis-Cibitung Selesai Akhir April

Jalan Tol Cimanggis–Cibitung dinilai menjadi salah satu akses yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Setelah pembangunan 6 ruas jalan tol yang terintegrasi di dalam akses Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 rampung, diharapakan dapat menjadi solusi dalam mengatasi kemacetan di jalan tol JORR 1 yang sudah terbangun.

"Selain untuk memperlancar lalu lintas dan memangkas waktu perjalanan, jalan tol ini sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi di megapolitan Jakarta," ungkap PUPR.

Ruas jalan tol Cimanggis–Cibitung dibangun dua arah dan masing-masing arah terdiri dari 3 lajur dengan menggunakan jenis perkerasan beton (rigid pavement).

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung merupakan bagian dari 6 ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II), yang terdiri dari Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran (14,2 Km), Jalan Tol Kunciran - Serpong (11,4 Km), Jalan Tol Serpong - Cinere (10,1 Km). Kemudian dilanjutkan Jalan Tol Cinere - Jagorawi (14,6 Km), Jalan Tol Cimanggis - Cibitung (25,2 Km), dan Jalan Tol Cibitung - Cilincing (34 Km).(OL-5)

Baca Juga

MI/Susanto

BI: Negara OKI Harus Dorong Pengembangan Ekonomi Syariah

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 16:12 WIB
Bank Indonesia memandang ekonomi syariah memiliki potensi besar untuk meningkatkan perekonomian dunia. Apalagi jika sektor berbasis...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Pemerintah Sesuaikan Harga Patokan Ekspor Produk Tambang

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 16:09 WIB
Penyesuaian itu didasari oleh HPE produk pertambangan dan dikenai bea keluar (BK) yang terpengaruh fluktuasi harga...
Ilustrasi

Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan Syariah Miliki Potensi Besar

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 15:42 WIB
Menurut Deputi Gubernur Bank Indoensia (BI) Sugeng, melalui digitalisasi pula definisi sempit dari ekonomi dan keuangan syariah menjadi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya