Selasa 13 Oktober 2020, 09:09 WIB

Kemendagri Jadikan Pilkada Instrumen Perangi Covid-19

Kautsar Bobi | Politik dan Hukum
Kemendagri Jadikan Pilkada Instrumen Perangi Covid-19

Dok MI
Ilustrasi Pilkada

 

DIREKTUR Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik menyebut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 dapat menjadi instrumen utama melawan covid-19. Masyarakat yang akan menggunakan hak pilih diwajibkan menaati protokol covid-19.

"Dalam prespektif kami, Pilkada dapat menjadi instrumen yang menggerakan elemen-elemen di tingkat pusat hingga daerah, bahkan organisasi masyarakat dalam memerangi covid-19," ujar Akmal dalam diskusi virtual, Senin (11/10).

Seluruh masyarakat harus memiliki kesamaan pandangan dalam mencegah penyebaran covid-19 melalui protokol kesehatan. Hal itu diyakini dapat menjadi tugas dari kurang lebih 730 pasangan calon (paslon) untuk menyosialisasikan kedispilinan protokol kesehatan.

Baca juga: Penundaan Pilkada Sebagian Dimungkinkan

"Sebanyak 730 paslon ini, katakan masing-masing memiliki 100 orang tim sukses, memiliki cara pandang melaksanakan protokol kesehatan. Ini adalah kekuatan yang luar biasa," tuturnya.

Akmal menambahkan sinergi antara paslon dan masyarakat dalam memerangi covid-19 sudah mulai terlihat di sejumlah wilayah. Seperti paslon yang menggelar kampanye secara virtual hingga kampanye melalui media masker, hand sanitizer, dan lainya.

Selain itu, upaya memerangi covid-19 telah membuahkan hasil yang maksimal. Sebanyak 14 provinsi yang menggalar Pilkada terbebas dari zona merah.

"Kami optimistis (suksesnya Pilkada) karena angka-angkanya justru menunjukkan terjadinya hal-hal yang cukup baik di wilayah yang melaksanakan Pilkada," jelasnya. (OL-1)

Baca Juga

Medcom.id

Pendekatan Militer tidak akan Berhasil Atasi Terorisme

👤Che/P-1 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 04:50 WIB
Pasalnya, para pelaku teror ini saat melakukan aksinya lebih mengusung ide ketidakadilan negara terhadap pendahulu...
DOK BAKAMLA

Perairan Natuna Incaran Kapal Vietnam

👤Cah/P-1 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 04:36 WIB
Bakamla dengan menggunakan Kapal Negara (KN) Pulau Nipah 321 menangkap dua kapal nelayan Vietnam yang sedang mengambil ikan di wilayah...
Dok.MI

KPK Harus Tangkap Pelindung Buron

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 04:30 WIB
Perbedaan ketidakmampuan maupun ketidakmauan dalam penangkapan Harun Masiku sangat tipis. KPK perlu menunjukkan komitmennya dalam menemukan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya