Selasa 13 Oktober 2020, 06:23 WIB

Wenger Usul Piala Dunia dan Piala Eropa Digelar Dua Tahun Sekali

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Wenger Usul Piala Dunia dan Piala Eropa Digelar Dua Tahun Sekali

AFP/Adrian DENNIS
Arsene Wenger

 

MANTAN pelatih Arsenal Arsene Wenger menyarankan agar Liga Negara UEFA dihilangkan dan Piala Dunia serta Piala Eropa digelar setiap dua tahun sekali untuk beradaptasi dengan dunia modern.

Saat ini, Piala Dunia dan Piala Eropa diadakan setiap empat tahun sekali, dengan Piala Dunia akan digelar pada 2022 sedangkan Piala Eropa dilaksanakan musim panas tahun depan setelah ditunda tahun ini akibat covid-19.

Sementara itu, Liga Negara digelar oleh UEFA demi memberikan pertandingan kompetitif di antara dua kompetisi tersebut, dengan tim-tim
peserta saat ini berkompetisi di edisi kedua turnamen itu.

Baca juga: Hadapi Islandia, Belgia Tanpa De Bruyne

Portugal memenangi edisi perdana Liga Negara UEFA, setelah mengalahkan Belanda 1-0 di final pada Juni 2019 berkat gol dari pemain sayap Valencia Goncalo Guedes pada menit ke-60.

Namun, Wenger mengatakan rata-rata para penggemar sepak bola tidak peduli atau tidak memahami Liga Negara.

Pelatih asal Prancis tersebut saat ini menjabat sebagai Ketua Pengembangan Sepak Bola Global FIFA sejak 2019.

Sebaliknya, Wenger menyarankan agar Piala Eropa dan Piala Dunia bisa diadakan setiap dua tahun sekali, bukan setiap empat tahun agar para
suporter lebih menantikan pertandingan tingkat internasional.

"Kita perlu menyingkirkan Liga Negara dan menemukan kompetisi yang lebih jelas untuk dipahami semua orang," katanya kepada Bild yang dikutip Goal, Selasa (13/10).

"Bila Anda bertanya kepada orang-orang di jalan apa itu Liga Negara, Anda tidak akan menemukan banyak orang yang dapat menjelaskannya."

"Kita perlu mengadakan kompetisi sesedikit mungkin," tambahnya. "Satu Piala Dunia dan satu Piala Eropa setiap tahun mungkin lebih sesuai untuk dunia modern."

Menurut Wenger, semua pertandingan kualifikasi akan dimainkan hanya dalam satu bulan, sehingga mempermudah proses penjualan hak kepada penyiar dan sponsor.

Wenger mengatakan FIFA telah membahas gagasan tersebut dan ia menolak anggapan bahwa mengadakan turnamen besar lebih sering akan membuat kompetisi tersebut kehilangan daya tarik.

"Lagi pula, orang-orang terus menonton Liga Champions setiap tahun. Secara pribadi, saya pikir ini akan menjadi sebuah kemajuan yang bagus," pungkasnya. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP

Van Dijk Cedera Panjang, Henderson Percaya Kualitas The Reds

👤Ant 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 19:50 WIB
Laporan di media Inggris mengatakan bahwa Van Dijk bisa absen hingga tujuh bulan, tetapi Henderson berharap rekannya pulih lebih...
AFP/Nick Potts

Kalah dari Leeds, Smith Akui Villa Mundur Selangkah

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 06:30 WIB
Momen-momen besar mengubah jalannya pertandingan. Gol pertama sepertinya mengubah pertandingan, mereka maju satu langkah dan kami mundur...
Laurence Griffiths / POOL / AFP

Bamford Hatrick, Leeds Berhasil jegal Aston Villa

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 05:15 WIB
Tambahan tiga poin membuat Leeds melompat naik ke peringkat ketiga klasemen dengan koleksi 10 poin, tertinggal hanya dua poin di belakang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya