Senin 12 Oktober 2020, 17:51 WIB

Menkeu Yakin Ekonomi Triwulan III Lebih Baik

M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Menkeu Yakin Ekonomi Triwulan III Lebih Baik

ANTARA/Puspa Perwitasari
.

 

PEMERINTAH optimistis pertumbuhan ekonomi di triwulan III 2020 akan lebih baik dari triwulan II yang tumbuh minus 5,32%. Dengan demikian, diharapkan pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh di tahun ini tidak jatuh terlampau dalam seperti negara-negara lain.

“Namun kami berharap ada pemulihan. Hantaman terbesar pada triwulan II. Ekonomi kita turun 5,32%. Kami berharap di triwulan III ekonomi pulih, meski berada di zona negatif, tapi pulih dan berlanjut di triwulan IV,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat membuka Ekspo Profesi Keuangan secara virtual, Senin (12/10).

Dia menambahkan, bila pertumbuhan ekonomi 2020 dapat tumbuh sesuai dengan perkiraan pemerintah, upaya pemulihan ekonomi yang berlanjut di 2021 tidak akan lebih berat. Penyusunan RAPBN yang dilakukan pemerintah bersama DPR ditujukan pula untuk mereformasi kebijakan-kebijakan keuangan negara.

Meski akhir pandemi urung diketahui, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menyampaikan, APBN yang disusun sebagai instrumen fiskal negara akan digunakan sebaik-baiknya untuk mendorong pemulihan ekonomi dan penanganan kesehatan di 2021.

“Kami akan tetap mengusahakan dengan seluruh tools, termasuk fiskal untuk bisa meningkatkan daya tahan kita dan bahkan pulih secara cepat. Kami tahu ketidakpastian covid-19 akan berakhir. Tapi ada ikhtiar untuk mendapatkan vaksin. Kami menyediakan dan mencadangkan untuk penanganan kesehatan,” jelas Sri Mulyani. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/Dedhez Anggara (STR)

Target Tinggi, Akselerasi FLPP Tahun Depan Mesti lebih CepatĀ 

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 22:15 WIB
Dengan target penyaluran KPR FLPP 2021 sebesar 157.500 unit senilai Rp19,1 triliun, bank pelaksana harus bekerja dua kali...
MI/Susanto

Sri Mulyani: Kesenjangan Teknologi Terjadi di Indonesia

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 21:59 WIB
Transformasi digital itu dilakukan melalui pemberian subsidi berupa internet gratis kepada siswa, guru hingga pendidikan tinggi guna...
Dok OJK

Perkokoh Daya Tahan Ekonomi, OJK Dukung Kemendes Dirikan LKD

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 21:56 WIB
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan keberadaan LKD ini sejalan dengan program OJK, Kemendes, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya