Senin 12 Oktober 2020, 15:31 WIB

Angkutan Berat akan Gunakan Bahan Bakar Nabati

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Angkutan Berat akan Gunakan Bahan Bakar Nabati

ANTARA/Fakhri Hermansyah
.

 

KEMENTERIAN Perhubungan memiliki sejumlah rencana strategis untuk menerapkan diversifikasi energi di bidang transportasi untuk mengurangi ketergantungan impor migas. Salah satunya mendorong penggunaan bahan bakar nabati (BBN) seperti biodiesel untuk moda transportasi darat, kendaraan bahan bakar gas (BBG), dan bus listrik.

“Rencananya penerapan bahan bakar nabati atau BBN akan diproyeksikan untuk angkutan berat seperti truk dan angkutan umum seperti bus," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan resminya, Jakarta, Senin (12/10).

Penerapan BBN, lanjut Budi, juga bakal digunakan angkutan berbasis rel dan listrik seperti MRT dan LRT yang tengah dikembangkan di Jakarta dan Palembang.

"Saya harap dengan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat menggunakan transportasi umum seperti LRT di Palembang, misalnya, karena telah memiliki standar keamanan, keselamatan, kenyamanan, dan kesehatan,” jelas Budi.

Ia menerangkan, sektor transportasi darat, baik berupa mobil pribadi, sepeda motor, maupun kendaraan umum, menyumbangkan 90% pencemaran udara dan perubahan iklim sebagai akibat penggunaan BBM oktan rendah seperti premium yang berdampak buruk secara signifikan bagi kesehatan. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Raisan Al-Farisi

UU Cipta Kerja Buka Ruang Konsolidasi Data Tunggal KUMKM

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 00:17 WIB
UU Cipta Kerja dibuat dengan tujuan untuk menjawab masalah-masalah utama yang dihadapi oleh UMKM dan koperasi yang sebelumnya menyebabkan...
Dok UResort

Bidik Mahasiswa, Apartemen Ini Sesuaikan Kebutuhan Kampus

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 00:15 WIB
Hunian yang membidik pasar mahasiswa sekarang ini tidak cukup sekadar dekat dengan kampus, tapi juga harus menunjang kegiatan...
MI/Bagus Suryo

Ida Fauziyah jadi Ketua Menaker ASEAN

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 00:09 WIB
Ida langsung memimpin pertemuan tingkat Menaker se-ASEAN tersebut usai serah terima jabatan dari Tuan Haji Awang selaku Ketua periode...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya