Senin 12 Oktober 2020, 13:53 WIB

Banjir Longsor di Tasikmalaya Renggut Satu Jiwa

Adi Kristiadi | Nusantara
Banjir Longsor di Tasikmalaya Renggut Satu Jiwa

MI/Adi Kristiadi
.

 

HUJAN deras yang membawa material longsor yang terjadi di beberapa wilayah menyebabkan ruas jalan utama, tepatnya Kampung Cibuntu, Desa Karyabakti, Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, tak bisa dilalui kendaraan. Kejadian itu tidak ada korban jiwa, tetapi material longsor menutup badan jalan sepanjang 50 meter.

Camat Parungponteng, Fauji, mengatakan hujan deras yang terjadi sejak malam hari di wilayahnya telah menyebabkan longsor dan menimbun jalan utama Parungponteng arah Sodonghilir dengan panjang 50 meter, lebar 4 meter, dan ketebalan tanah mencapai 2 meter.

Namun, longsor susulan bisa terjadi. Ada beberapa lokasi yang menimbun rumah warga hingga persawahan.

"Sampai kini penanganan dan evakuasi material longsor belum dilakukan oleh petugas, karena tak bisa melakukan dengan cara manual. Petugas tetap berupaya menunggu alat berat ke lokasi tapi bencana ini telah menyebabkan ruas jalan terbelah," katanya, Senin (12/10).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Nuraedidin, mengatakan, banjir dan longsor yang terjadi telah merusak rumah. Banjir dan longsor tersebut di wilayah Desa Karyabakti, Desa Cigunung, Kecamatan Parungponteng, menutup akses jalan hingga merusak dua rumah.

"Bencana itu juga terjadi di kecamatan lain, mulai dari Jatiwaras, Sukaraja, Bantarkalong, Tanjungjaya, Karangnunggal, Gunungtanjung. Kejadian itu menyebabkan satu korban meninggal dunia berada di Desa Malatisuka. Ini karena rumahnya hancur dan korban tertimbun longsor. Akan tetapi, sekarang petugas berupaya melakukan evakuasi, terutama material tanah dan mengevakuasi korban jiwa," paparnya. (OL-14)

Baca Juga

Ilustrasi

Yogja Diminta Tetap Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

👤Ardi T 🕔Minggu 01 November 2020, 00:14 WIB
Kepala Stasiun Klimatologi Sleman, DI Yogyakarta, Reni Kraningtyas mengingatkan, saat ini sebagian besar wilayah DIY sudah memasuki musim...
metronews

Polisi Hentikan Penyelidikan Kasus Siswa Bunuh Diri

👤Lina Herlina 🕔Minggu 01 November 2020, 00:08 WIB
Polisi hentikan penyelidikan kasus siswa bunuh diri, MI, 16, yang diduga terbebani sistem belajar daring, karena pihak keluarga menolak...
MI/Arnoldus Ndae

JK: Pandemi Covid-19 Beres di Indonesia pada 2022

👤Arnoldus Dhae 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 17:40 WIB
KETUA Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menyatakan butuh waktu sampai tahun 2022 bagi Indonesia untuk benar-benar pulih dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya