Senin 12 Oktober 2020, 14:00 WIB

Koin Peringatan Kematian Julius Kaisar akan Dilelang

Mediaindonesia.com | Weekend
Koin Peringatan Kematian Julius Kaisar akan Dilelang

David Becker/Getty Images/AFP
Patung Julius Kaisar

KOIN langka yang diduga dibuat untuk peringatan pembunuhan pemimpin Romawi, Julius Caesar (Julius Kaisar) yang berusia 2.000 tahun , akan dilelang di London, pada 29 Oktober mendatang. Menurut para ahli kemungkinan besar koin tersebut bernilai jutaan dolar.

Dilansir dari Fox News pada Jumat (9/10), pada bagian depan koin terdapat potret Marcus Junius Brutus, salah satu pembunuh Caesar. Pada sisi lainnya terdapat potret senjata tajam belati dan tulisan ‘EID MAR’ yang merupakan singkatan dari bahasa Latin ‘Ides of March’ yang berarti 15 Maret, sebagai hari peringatan pembunuhan sang kaisar.

“Koin ini dibuat pada 42 SM (sebelum masehi), dua tahun setelah pembunuhan dan merupakan salah satu koin paling penting dan berharga di dunia,” ujar Mark Salzberg, selaku Ketua Numismatic Guaranty Corporation atau layanan sertifikasi koin internasional milik pribadi yang berbasis di Sarasota, Florida-Amerika Serikat.

Koin dengan kondisi mint (barang dengan kondisi baru tanpa kerusakan tapi sudah pernah digunakan) ini, telah menjadi koleksi pribadi di Eropa dan akan dilelang oleh Roma Numismatics yang berbasis di London pada 29 Oktober 2020.

Salzberg memerkirakan harga koin ini US$650 ribuatau setara dengan Rp9 miliar. Namun, karena langka, serta nilai seni dan nilai historis dari koin ini, kemungkinan harganya akan lebih tinggi lagi. Koin kuno telah menarik perhatian sejumlah kolektor dalam beberapa tahun terakhir. Pada awal tahun ini di Jerusalem, juga telah ditemukan koin langka dari era pemberontakan Yahudi Kuno melawan Kekaisaran Romawi. (Yulia Kendriya/M-4)

Baca Juga

Unsplash/ Yuris Alhumaydy

Ini Caranya Agar Tidak Salah Menghadapi Orang yang Menangis

👤MI Weekend 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 06:40 WIB
Buru-buru menenangkan orang yang menangis nyatanya belum tentu...
AFP

Inilah Tiga Teratas Barang Belanjaan Daring di Asia Tenggara

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 19:00 WIB
Semakin banyak orang yang kini mulai mencoba berbelanja secara daring akibat ruang gerak yang terbatas disebabkan pembatasan...
ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

39 Perupa Berpameran Daring di Galeri Nasional Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 18:40 WIB
Pameran ini dikurasi oleh Citra Smara Dewi dan Heru Hikayat. Menampilkan 40 karya berupa lukisan, patung (3D), video art, dan sketsa, dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya