Senin 12 Oktober 2020, 12:43 WIB

Banjir Jagakarsa, DKI Harus Inspeksi Seluruh Badan Sungai

Hilda Julaika | Megapolitan
Banjir Jagakarsa, DKI Harus Inspeksi Seluruh Badan Sungai

MI/Andri Widiyanto
Petugas Dinas Sumber Daya Air sedang mengevakuasi rumah warga yang tertimpa longsor di kawasan Ciganjur, Jakarta, Senin (11/10/2020)

 

MUSIBAH banjir dan tanah longsor terjadi di Perumahan Melati Residence, Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (10/10) malam. Musibah ini diduga terjadi karena adanya kelalaian dari pihak pengembang, badan kali menyempit akibat adanya bangunan di sempadan sungai. Peristiwa ini bahkan menewaskan seorang warga.

Menurut pengamat tata kota Nirwono Joga, Pemprov DKI Jakarta harus melakukan inspeksi ke seluruh badan sungai. Khususnya dilakukan oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Dinas Dinas Cipta Karya, Tata Ruang Dan Pertanahan (Citata).

Hal ini dilakukan untuk mengaudit bangunan yang melakukan pelanggaran sempadan sungai. Hal itu, karena ikut mempersempit badan sungai sehingga ketika hujan deras tak mampu menampung air dan terjadi banjir.

“Dinas SDA bersama Dinas Citata melakukan inspeksi ke seluruh badan sungai untuk mengaudit bangunan yang melanggar sempadan sungai (termasuk mempersempit badan sungai),” kata Nirwono kepada Media Indonesia, Senin (12/10).

Baca juga:  Kelalaian Diduga Penyebab Banjir di Jagakarsa

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk melaporkan bangunan-bangunan yang melanggar tata ruang. Seperti ada bangunan yang menempel dengan sempadan sungai sehingga mempersempit badan sungai. Dampaknya, kapasitas sungai menjadi berkurang. Hal ini harus segera dibongkar atau ditertibkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Masyarakat juga dapat melaporkan bangunan-bangunan yang melanggar tata ruang atau menempel sempadan sungai (mempersempit badan sungai) sehingga kapasitas sungai berkurang untuk dibongkar/ditertibkan o/leh Pemprov DKI,” tegasnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

Pengawasan Klaster Perkantoran Kendur, Alasannya Lantaran Ada Demo

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 11:04 WIB
Pengawasan itu dilakukan sejak 12 Oktober sampai dengan 26 Oktober lalu. Pengawasan dilakukan dengan melakukan 152 penyidakan...
MI/PIUS ERLANGGA

Perburuan Pelaku Begal Sepeda di Jakpus Terkendala CCTV

👤Siti Yona Hukmana 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 09:36 WIB
Kolonel Pangestu Widiatmoko menjadi korban begal saat bersepeda di kawasan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Kala itu dia tengah menuju...
ANTARA/Muhammad Iqbal

Hari Pertama Libur Panjang, Penumpang di Soetta Tembus 61 Ribu

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 09:30 WIB
Jumlah penumpang tersebut menjadi yang tertinggi selama pandemi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya