Senin 12 Oktober 2020, 09:15 WIB

Bawaslu Minta Simulasi Pilkada Mendekati Situasi Sebenarnya

Kautsar Bobi | Politik dan Hukum
Bawaslu Minta Simulasi Pilkada Mendekati Situasi Sebenarnya

ANTARA/Budi Candra Setya
Petugas kesehatan mengangkat pemilih yang pingsan saat simulasi Pemilihan Kepala Daerah di Banyuwangi, Jawa Timur.

 

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengkritisi simulasi pemungutan dan perhitungan suara yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Lapangan Candi Nambangan, Rejowinangun Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah. Salah satunya lokasi simulasi yang digelar di lapangan yang cukup luas dengan tenda besar.

Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin mengatakan kondisi tersebut tidak mencerminkan kondisi asli pada 9 Desember 2020. Pasalnya, tidak semua tempat pemungutan suara (TPS) dapat digelar di lapangan luas.

"Banyak TPS yang didirikan di tempat sempit karena memang ketiadaan lahan atau tempat. Simulasi seharusnya mendekati situasi yang sebenar-benarnya," ujar Afif melalui keterangan tertulis, Minggu (11/10).

Baca juga: Kampanye Digital Dinilai tidak Efektif Mendulang Suara

Afif juga melihat terdapat fasilitas umum yang dikhawatirkan menyulitkan pemilih disabilitas. Terdapat tangga dengan ketinggin 10 centimeter saat hendak masuk ke dalam TPS.

"Undaan (tangga) tersebut bisa menyulitkan pemilih disabilitas dan kalangan orang tua (renta), khususnya yang menggunakan kursi roda," tuturnya.

Selain itu, terkait dengan keberadaan daftar pemilih tetap (DPT) yang ditempel di TPS diminta tidak menunjukan identitas pemilih secara penuh. Nomor induk kependudukan (NIK) dapat diganti menggunakan bintang.

Seluruh masukan dari Bawaslu akan disampaikan secara resmi ke KPU. Mencakup catatan-catatan lain secara lengkap terkait dengan simulasi pemungutan dan penghitungan suara. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Lagi, Bakamla RI Tangkap Dua Kapal Vietnam

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 11:45 WIB
Sempat berusaha melarikan diri, akhirnya kapal ikan Vietnam dengan nomor lambung TG 9583 TS tersebut menyerah dan dapat diperiksa serta...
Ilustrasi

KPK Harap Bisa Segera Temukan Harun Masiku

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 11:08 WIB
Ia mengatakan evaluasi mengenai proses pencarian Harun Masiku selama ini telah dilakukan. Tujuannya untuk mengoptimalkan strategi pencarian...
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Dukcapil Kejar Target Cetak KTP-E Sebelum Pilkada

👤Indriyani Astuti 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 10:15 WIB
Berdasarkan data Direktorat Jenderal Dukcapil, saat ini cakupan perekaman KTP-E baru 98% atau 189.676.771 jiwa dari 192 juta penduduk wajib...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya