Senin 12 Oktober 2020, 05:15 WIB

Satu Buku Satu Pintu Dorong Anak Belajar

(Aiw/H-1) | Humaniora
Satu Buku Satu Pintu Dorong Anak Belajar

Dok.MI
Satu Buku Satu Pintu Dorong Anak Belajar

 

PANDEMI virus korona (covid-19) memaksa sekolah melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring. Setelah berjalan beberapa bulan, kejenuhan mulai tampak.

Untuk menjaga semangat belajar siswa selama di rumah, komunitas Ruang Ilmu Bertumbuh Mandiri (Rimbun) bekerja sama dengan Forum Anak Kota Depok dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Depok berinisiatif mengadakan program Satu Buku Satu Pintu.

Pendiri komunitas Rimbun, Zubair, menjelaskan, program ini membagikan satu buku bagi setiap rumah di suatu wilayah. Idenya tercetus setelah komunitas Rimbun mendirikan posko antisipasi covid-19 sejak 20 Maret 2020 lalu.

"Saya berpikir, banyak dari kita hampir melupakan anak-anak yang sudah terdampak sejak awal penerapan PSBB karena tidak semua anak bisa mengikuti kegiatan belajar melalui internet dengan gadget. Penyebabnya, keterbatasan ekonomi keluarga," kata Zubair kepada Media Indonesia, beberapa waktu lalu.

Buku-buku yang dibagikan didapatkan dari penggalangan donasi yang disebarkan melalui media sosial, tepat pada Hari Buku Nasional 17 Mei 2020. Penggalangan donasi akan terus dibuka hingga mencapai target jumlah buku yang ingin dibagikan sebanyak 1 juta buku.

"Masih banyak permintaan dari wilayah lain yang berharap mendapatkan buku bacaan. Jadi tidak hanya sampai pandemi selesai," ujar Zubair.

Hingga saat ini lebih 300 buku yang telah dibagikan kepada anak-anak yang tinggal di Kelurahan Kedaung dan Pasir Putih, Kota Depok. Buku-buku yang telah terkumpul dibagikan secara langsung ke rumah warga.

Selama membagikan buku di dua kelurahan tersebut, diungkapkan Zubair, banyak anak yang mengaku sudah rindu kembali ke sekolah.

"Senang banget ada buku. Udah lama banget enggak sekolah," cerita Zubair menirukan ungkapan perasaan anak-anak tersebut.

Untuk melanjutkan program ini, Zubair berharap kepada siapa saja yang ingin berdonasi, dapat mengirimkan buku cerita anak usia pramembaca sampai kelas 3 SMP dan umum. "Baik dalam kondisi masih baru maupun bekas, asalkan masih layak baca. Informasi ada di akun Instagram @rimbun.id," pungkasnya.(Aiw/H-1)

Baca Juga

Instagram

Ersa Mayori Anteng di Rumah

👤Zubaedah Hanum 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 09:05 WIB
Model, pesinetron dan presenter Ersa Mayori, 41, mengaku tidak tergoda untuk ikut-ikutan 'mendadak liburan' seperti yang dilakukan...
OZAN KOSE/AFP

Tsunami Pada Gempa Turki Tidak Berdampak ke Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 06:24 WIB
BMKG menegaskan masyarakat diimbau tetap tenang karena tsunami tidak berdampak ke wilayah...
Shutterstock/Medcom.id

Evaluasi Segera Sistem Pembelajaran Jarak Jauh

👤Ata/Wan/X-8 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 03:58 WIB
Peristiwa memilukan itu terjadi pada 27 Oktober lalu. Korban ditemukan tewas gantung diri di kamar mandi tempat tinggalnya. Dia nekad...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya