Senin 12 Oktober 2020, 01:10 WIB

Keberuntungan Spanyol 

Rifaldi Putra Irianto | Sepak Bola
Keberuntungan Spanyol 

AFP
Bek Swiss Loris Benito (kiri) terlibat duel udara dengan bek Spanyol Jesus Navas pada pertandingan Liga A Grup 4 UEFA Nations League

 

TIM nasional Spanyol terus menjaga jarak dari kejaran Jerman pada persaingan Liga A Grup 4 ajang UEFA Nations League 2020/2021.

Spanyol menuai kemenangan tipis 1-0 atas tamu mereka Swiss di Stadion Alfredo di Stefano, Madrid, kemarin WIB. Tambahan tiga
angka itu membuat La Furia Roja sebutan timnas Spanyol tetap unggul dua poin atas Der Panzer Jerman yang juga menang 2-1 saat melawat ke kandang Ukraina.

Kemenangan Spanyol lahir dari aksi Mikel Oyarzabal yang melesakkan gol di menit ke-14. Gol itu berbau keberuntungan setelah penjaga gawang Swiss Yann Sommer melakukan kesalahan umpan.

Sommer mengarahkan bola kepada gelandang Granit Xhaka, tetapi umpan tersebut melenceng dan dikuasai Mikael Merino yang meneruskan ke Oyarzabal. Penyerang muda asal Real Sociedad itu menyelesaikannya dengan tembakan langsung tanpa membuat kesalahan untuk membobol gawang Sommer.

Swiss sebetulnya hampir unggul lewat tembakan tajam Loris Bento. Sayangnya kiper Spanyol David de Gea menampilkan pertahanan yang baik dan berhasil mengamankan tembakan Bento, 2 menit sebelum Oyarzabal mencetak gol kemenangan.

Pada awal babak kedua, Sommer kembali melakukan kesalahan serupa, tetapi kali ini tembakan Oyarzabal tak seberuntung di babak pertama. “Saya gembira dengan kemenangan dan tambahan tiga angka,” jelas Oyarzabal yang telah menyumbang tiga gol bagi Spanyol.

“Kami tahu, mereka (Swiss) tim tangguh dan mereka seperti menguasai permainan,” tambahnya.

Pelatih Luis Enrique juga menyambut kemenangan itu yang membuat Spanyol melanjutkan catatan tidak terkalahkan sepanjang 14 laga. Spanyol juga tidak pernah kalah di Madrid, sebanyak 20 laga telah dilangsungkan sejak 1987.

“Ini bukan pertandingan yang mudah. Ini juga bukan pertandingan yang bisa membuat kami bermain mengalir,” ungkap mantan pemain Barcelona dan Real Madrid itu.

“Kami mengambil keuntungan dari tekanan yang kami lakukan untuk mencetak gol. Kami kemudian memiliki beberapa peluang mengakhiri laga, tetapi tidak ada keberuntungan,” tegas Enrique.


Poin penuh pertama

Setelah dua laga berkesudahan imbang, kali ini Jerman untuk pertama kali meraih poin penuh. Keunggulan anak asuh Joachim Loew didapat di Stadion Olimpiade, Kiev, Ukraina.

Matthias Ginter membawa Jerman unggul pada menit ke 20, memanfaatkan tendangan pojok. Empat menit selepas jeda, tim ‘Panser’ menambah keunggulan melalui sontekan Leon Goretzka dengan memanfaatkan blunder kiper Ukraina Georgiy Bushchan yang tidak lengket menangkap bola dari sebuah umpan silang.

Ukraina yang dipoles mantan bintang AC Milan, Andriy Shevchenko, mampu membalas satu gol di menit ke-76. Pelanggaran terhadap Roman Yaremchuk di kotak terlarangmembuahkan penalti yang sukses dikonversi Ruslan Malinovsky. “Jelas saya senang kami menang, tetapi kami bisa saja memimpin 3-0 atau 4-0,” ungkap Loew. (AFP/Eurosport/R-2)

Baca Juga

AFP/Glyn KIRK

Lampard Tegaskan Mendy Kiper Utama Chelsea

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 12:12 WIB
Posisi itu sebelumnya dihuni Kepa Arrizabagala, yang berstatus sebagai kiper termahal di dunia saat didatangkan dari Athletic Bilbao...
AFP/Alberto Pizzoli

Inzaghi Puji Mentalitas Pemainnya

👤Akmal Fauzi 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 11:58 WIB
Lazio mengambil pelajaran dari kekalahan melawan Sampdoria hingga berhasil mengalahkan...
AFP/Miguel MEDINA

Pirlo Sebut Dybala belum Bugar 100%

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 11:27 WIB
Dybala, yang menepi lama karena cedera otot, dimasukkan Pirlo pada menit ke-56 menggantikan Dejan Kulusevski saat Juventus menundukkan tuan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya