Senin 12 Oktober 2020, 08:00 WIB

Pemerintah Siapkan Jaringan Internet di Mandalika

mediaindonesia.com | Humaniora
Pemerintah Siapkan Jaringan Internet di Mandalika

MI/Susanto

 

DUKUNG PENGEMBANGAN KAWASAN MANDALIKA: Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (kiri) didampingi Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkiflimansyah saat hadir dalam kunjungan kerja di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Kamis (24/9). Menkominfo Johnny G Plate menegaskan Pemerintah langsung menghadirkan akses telekomunikasi di jaringan 4G di lima kawasan destinasi super prioritas yang akan diperlukan untuk mendukung event MotoGP tahun 2021.


 

                                          

PROYEK pembangunan Sirkuit Mandalika merupakan proyek nasional yang akan mengangkat derajat Indonesia di kancah Internasional. Tak hanya perhelatan olahraga dunia yang hadir di bumi Nusantara ini, bahkan sektor pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) pun akan terangkat.

Pemerintah bukan hanya membangun infrastruktur utama di Sirkuit Mandalika, tetapi juga menyiapkan jaringan pendukung seperti jaringan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (TIK) di sekitar sirkuit. Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate mengatakan, sebetulnya infrastruktur TIK sudah ada di wilayah titik-titik pariwisata di Mandalika. Namun, untuk menujang perhelatan internasional seperti MotoGP pada 2021 mendatang belumlah cukup.

“Karena masih kurang, maka Kominfo mendukung agar tersedia jaringan internet yang lebih prima dan kuat baik sebelum, selama penyelenggaraan acara, dan sesudah MotoGP 2021 terselenggara,” ungkap Johnny dalam acara Bakti untuk Negeri, baru-baru ini.

Baca Juga: BAKTI Kominfo Pacu Infrastruktur TIK

Ia mengatakan, dari program Bakti saja sudah ada enam menara Base Transceiver Station (BTS) yang dibangun. Sampai dengan Desember 2020 nanti akan bertambah tiga menara lagi. “Artinya, dari Bakti saja sudah ada sembilan menara BTS dibangun, belum dari provider seluler yang ada,” kata dia.

Pembangunan infrastruktur tersebut, kata dia, bukan hanya untuk kebutuhan MotoGP semata. Namun juga untuk menunjang sektor pariwisata yang luar biasa di bumi NTB.

Menurut dia, apa yang dikerjakan oleh Bakti dan Kominfo adalah upaya untuk menyediakan sinyal kuat 4G di tengah kebutuhan masyarakat sekitar. Bahkan, hal ini berlaku di seluruh wilayah Indonesia.

Saat ini, pemerintah sudah berhasil membangun 348.442 kilometer fiber optik baik di darat maupun di dasar laut. Sebanyak 479.125 BTS telah dibangun dan tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Hari Bakti Postel ke-75, Semangat Dukung Transformasi Digital

Upaya ini terus dilakukan lantaran masih ada 12.548 desa belum bisa merasakan manfaat 4G. Targetnya, pada 2022 ada 9.113 desa di wilayah 3T dan 3.435 desa di wilayah bukan 3T sudah bisa mendapat sinyal 4G.
“Indonesia wilayah yang luas dengan jumlah penduduk yang besar. Saat ini, kami sudah menggunakan 9 satelit untuk menunjang kebutuhan masyarakat akan TIK dimana 5 diantara¬nya dikelola oleh Kementerian Kominfo melalui BAKTI,” lanjut dia.

Direktur Bakti Anang Latif mengatakan dengan adanya perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika, diperkirakan akan ada 200 ribu pelancong mancanegara dan lokal yang ikut menyaksikan. Tidak hanya menyimbangkan pendapatan daerah dari sektor olahraga, melainkan juga mengangkat pariwisata masyarakat sekitar.

“Dengan adanya jaringan internet yang kuat tentunya akan membantu masyarakat untuk memasarkan dan mempromosikan dagangan mereka,” tandas dia. (Gan/S2-25)

Baca Juga

Ilustrasi

Ivermectin Bisa Jadi Alternatif Pengobatan Pasien Covid-19

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 02:10 WIB
Sejumlah negara Amerika Selatan juga telah menggunakan Ivermectin sebagai pengobatan dan tindakan...
Dok. Pribadi

Kowani : Sumpah Pemuda juga Momen Perjuangan Perempuan

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 02:01 WIB
"Dua bulan setelah peringatan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928, para perempuan Indonesia menginisiasi pembentukan Perikatan...
Dok. Pribadi

Kemenpora : Potensi Pemuda Bangun Bangsa Harus Dioptimalkan

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 01:55 WIB
Zainuddin optimistis, pemuda Indonesia bisa mengembangkan potensi yang dimiliki untuk pembangunan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya