Minggu 11 Oktober 2020, 20:05 WIB

Rampung, Jaringan Transmisi Bawah Tanah di Gerbang KTI

mediaindonesia.com | Nusantara
Rampung, Jaringan Transmisi Bawah Tanah di Gerbang KTI

ANTARA/Widodo S Jusuf
.

 

PT PLN (persero) merampungkan pembangunan jaringan transmisi bawah tanah di gerbang Kawasan Timur Indonesia (KTI) dengan tegangan 150 kilovolt (KV). Jaringan ini resmi beroperasi sejak pukul 14.55 Wita, Sabtu (10/10).

Manajer Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP Sulbangsel Andi Rosdiana yang diterima di Kendari, Minggu (11/10), mengatakan, jaringan yang terbentang dari Gardu Induk (GI) 150 kV di Tanjung Bunga sampai dengan Gas Insulated Switchgear (GIS) 150 kV di Bontoala itu merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dibangun sejak 2019.

"Dengan rampungnya jaringan transmisi bawah tanah ini, kita bersama berupaya mewujudkan Kota Makassar menuju wilayah zero down time," kata Andi Rosdiana. Menurutnya, sebagai gerbang KTI, sistem kelistrikan Sulawesi Selatan, khususnya Kota Makassar, kini sangat andal dan sangat siap menopang kebutuhan masyarakat serta pertumbuhan investasi.
 
Manajer PLN Unit Pelaksana Proyek Pembangkit dan Jaringan Sulawesi Selatan (UPP Kitring Sulsel), Husni Wardana, jaringan yang memiliki lintasan sepanjang 22 kilometer sirkuit (kms) itu akan melanjutkan aliran listrik dari jaringan yang telah rampung beberapa minggu lalu, yakni jaringan transmisi 150 kV Punagaya-Tanjung Bunga.

Perlu diketahui, pusat Kota Makassar melalui GIS 150 kV Bontoala sebelumnya hanya dipasok listrik secara radial dari GI 150 kV Tello melalui GI 150 kV Tallo Lama.

"Melalui kehadiran jaringan transmisi bawah tanah yang dipasok secara ring terhadap pusat aktivitas kota akan mencegah pemadaman di pusat kota meskipun jaringan dari GI 150kV Tello ke GI 150kV Tallo Lama mengalami gangguan," jelas Manager Bagian Proyek Jaringan PLN UPP Kitring Sulsel Adrian Djamaludin.

Tak hanya di Sulawesi Selatan, PLN juga tengah mengejar PSN lain di Sulawesi Barat (Sulbar) melalui pembangunan interkoneksi sistem kelistrikan Sulbar sampai dengan Sulawesi Tengah (Sulteng). Guna menopang kebutuhan listrik bagi segenap masyarakat dan potensi investasi di Sulawesi, PLN senantiasa mengerahkan seluruh daya serta upaya yang dimiliki. (Ant/OL-14)

Baca Juga

Dok. Polri

Kakorlantas Bakal Adopsi Pengembangan Program TAR Tulungagung

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 01:42 WIB
TAR yang terkoneksi dengan Dukcapil serta face recognition tersebut akan membuat petugas mengetahui rekam jejak sejarah seseorang yang akan...
DOK MI

Warga Kota Sukabumi Diimbau tidak Bepergian saat Libur Panjang

👤Benny Bastiandy 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 00:45 WIB
Peningkatan kasus baru di Kota Sukabumi akhir ini terjadi pada klaster keluarga. Kondisi itu juga lantaran tak sedikit dipicu perjalanan ke...
DOK MI

Pemkab Subang akan Lakukan Tes Covid-19 kepada Pengunjung Sariater

👤Reza Sunarya 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 00:10 WIB
Satgas covid-19 Subang akan melakukan rapid tes dan swab tes secara acak kepada para wisatawan yang berkunjung ke objek...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya