Minggu 11 Oktober 2020, 16:35 WIB

Jakarta Memasuki PSBB Transisi, Sinyal Baik untuk Pasar

M Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Jakarta Memasuki PSBB Transisi, Sinyal Baik untuk Pasar

ANTARA/PUSPA PERWITASARI
Refleksi layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (25/9/2020).

 

KEPUTUSAN Pemprov DKI Jakarta untuk mengurangi kebijakan rem darurat secara bertahap dan memasuki Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi mulai Senin (12/10) dinilai menjadi kabar baik bagi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Hal itu diungkapkan Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah. Ia mengatakan dengan begitu dunia usaha akan mulai beroperasi secara normal namun tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: IHSG Diprediksi Bergerak di Zona Hijau

"Kalau memang Gubernur DKI Jakarta melonggarkan kembali PSBB yang artinya mengizinkan dunia usaha beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan, misal restoran dan mall bisa buka secara normal. Saya kira pasar akan meresponse positif," kata Piter saat dihubungi, Minggu (11/10).

Dengan kebijakan Pemprov tersebut IHSG diperkirakan akan tumbuh positif pada pembukaan Senin (12/10). "Ada peluang penguatan IHSG besok dengan asumsi tidak ada sentimen negatif lain yang terjadi di global atau domestik," ujar Piter.

Senada, Direktur Anugerah Mega Investama, Hans Kwee, menyambut positif kabar  tersebut. Menurutnya PSBB kedua di DKI tersebut tidak berjalan dengan mulus untuk menekan angka covid-19.

"Ini sinyal positif, PSBB total di DKI Jakarta tidak terlalu efektif menekan angka kasus baru Covid-19 dan sebaiknya dihentikan," tuturnya.

Faktor lainnya yang mempengaruhi IHSG yakni seluruh dunia termasuk Indonesia masih menghadapi peningkatan kasus covid 19. Beberapa Negara menghadapi ancaman gelombang kedua menjelang musim digin.

"Namun karena ada faktor luar, IHSG berpeluang konsolidasi melemah dengan support di level 5,001 sampai 4,881 dan resistance di level 5,099 sampai 5,187," jelasnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta memutuskan mengurangi kebijakan rem darurat secara bertahap dan memasuki PSBB Masa Transisi dengan ketentuan baru selama dua pekan ke depan, 12-25 Oktober 2020. (Iam/A-1)

Baca Juga

Antara/Ampelsa

Garuda Indonesia Siapkan Pesawat Kargo untuk Ekspor

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 22:30 WIB
Potensi ekspor salah satunya pada produk makanan laut masih sangat...
ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas

Stok Beras Capai Tujuh Juta Ton, Mentan Apresiasi Kerja Petani

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 21:30 WIB
Produksi beras juga indikator utama di mana kesejahteraan petani perlahan tapi pasti terus mengalami...
ANTARA/Muhammad Iqbal

Rekor, Penumpang Pesawat di 19 Bandara Capai 110 Ribu

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 18:10 WIB
Khusus di Bandara Soekarno-Hatta, jumlah penumpang pada Kamis (28/10) mencapai 64.021 orang dengan 644...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya