Minggu 11 Oktober 2020, 03:21 WIB

UT Wisuda 19 Pekerja Migran RI di Korsel

Aiw/X-11 | Humaniora
UT Wisuda 19 Pekerja Migran RI di Korsel

KBRI Seoul
Ilustrasi -- Sebelas TKI merayakan kelulusan dari Universitas Terbuka Korsel, 22 September 2019.

 

UNIVERSITAS Terbuka (UT) baru-baru ini mewisuda 19 pekerja migran Indonesia di Korea Selatan. Hal tersebut menjadi wujud dari misi utama Universitas Terbuka untuk menyediakan akses dan pemerataan pendidikan tinggi bagi seluruh warga negara Indonesia, termasuk yang tinggal di luar negeri.

Universitas Terbuka menjalin kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri untuk membantu dan memfasilitasi penyelenggaraan Universitas Terbuka di luar negeri, termasuk dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul, Korea Selatan.

Rektor Universitas Terbuka Ojat Darojat mengapresiasi keberhasilan mahasiswa Universitas Terbuka di Korea Selatan yang berhasil menuntaskan studi meski sedang bekerja di negeri orang.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang menjalankan upacara penyerahan ijazah,” kata Ojat dalam acara Penyerahan Ijazah Universitas Terbuka Korea 2020, kemarin.

Ojat menuturkan, wisuda ini merupakan hasil dari kegigihan para wisudawan serta dukungan keluarga sebab tidak semua orang sanggup mengatur waktu untuk belajar di tengah beban pekerjaan.

Dia berharap para pekerja migran di luar negeri terus meningkatkan kompetensi yang dimilikinya meskipun harus meluangkan waktu
untuk belajar di tengah kesibukan.

Ojat juga menyampaikan Universitas Terbuka akan mengimplementasikan program Merdeka Belajar: Kampus Merdeka yang dicanangkan Kemendikbud dengan memperluas ruang kurikulum sehingga pencapaian kompetensi pembelajaran tidak hanya melalui bahan ajar yang disiapkan kampus.

“Melalui kegiatan praktik, kegiatan magang yang dilaksanakan di tempat teman-teman bekerja itu juga bisa menjadi bagian dari perolehan kompetensi dalam rangka mencapai capaian pembelajaran yang distandarkan dalam setiap mata kuliah,” terangnya.

Kepala Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri UT, Dewi Padmo, mengatakan kegiatan wisuda itu merupakan wujud perhatian tenaga migran dalam meningkatkan kompetensi mereka.

Hampir setiap tahun KBRI di Seoul, Korea Selatan, memfasilitasi kegiatan upa cara penyerahan ijazah bagi wisudawan UT sebagai wujud dukungan bagi para pekerja migran Indonesia di Korea Selatan.

Duta Besar RI untuk Korea Selatan Umar Hadi berharap, pencapaian ini bisa meningkatkan optimisme para wisudawan dalam meraih cita-cita setinggi-tingginya.

“Kita harus yakin bahwa apa saja bisa kita raih. Satu-satunya penghalang itu ialah imajinasi kita. Kalau ada usaha, ada doa, dan ada kerja keras, pasti bisa,” tegasnya. (Aiw/X-11)

Baca Juga

Medcom.id/ Roni Kurniawan

Manfaatkan Puskesmas dalam Upaya Pengendalian Penularan

👤Van/Ant/AFP/X-7 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 04:21 WIB
Pemerintah pusat berencana melakukan vaksinasi pada 9,1 juta warga pada November hingga Desember 2020. Pemerintah Provinsi Jawa Barat...
MI/Susanto

Yuki Kato Belajar Masak kala Pandemi

👤MI 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 04:00 WIB
AKTRIS Yuki Kato mengaku jadi rajin terjun ke dapur selama masa pandemi virus...
Instagram CHEF MARINKA

Chef Marinka Sempat Berniat Bunuh Diri

👤MI 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 03:40 WIB
KOKI selebritas Rinrin Marinka atau akrab disapa chef Marinka mengaku sempat berniat mengakhiri hidup setelah putus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya