Minggu 11 Oktober 2020, 06:00 WIB

Adjie Santosoputro Galang Dana untuk Pemulihan Batin

Retno Hemawati | Humaniora
Adjie Santosoputro Galang Dana untuk Pemulihan Batin

BenihBaik.com
Adjie Santosoputro.

 

Pandemi Covid-19 menjadi isu global. Dampak keterpurukan ekonomi yang berkepanjangan bagi sebagian orang bahkan berpotensi mengganggu kesehatan mental. Kesehatan mental kemudian juga menjadi isu penting karena berefek luas, mulai dari turunnya daya dahan tubuh yang menurun hingga kehidupan.

Sebagai upaya mengatasi persoalan ini, Adjie Santosoputro, Ibunda.id (platform konseling), dan BenihBaik.com sebagai crowdfunding platform terpercaya, berkolaborasi untuk menginisiasi sebuah gerakan bernama “How’s Life?”.

Program “How’s Life?" merupakan sebuah rangkaian acara galang dana dan layanan yang bertujuan memulihkan batin melalui bantuan pembiayaan konseling ke psikolog dan psikiater secara gratis, serta membantu masyarakat dalam upaya meningkatkan kesadaran tentang akan pentingnya kesehatan mental.

Hal ini didasari oleh kondisi kita yang sudah berbulan-bulan tidak berinteraksi langsung dengan orang lain dan melakukan isolasi sosial membuat tingkat stres masyarakat menjadi tinggi, kalau kondisi ini terus berlanjut bisa menimbulkan ansietas, depresi dan bahkan bunuh diri. Salah satu penyebab perasaan negatif semakin banyak dari relasi dengan orang dekat menjadi tidak harmonis, kehilangan pekerjaannya karena diPHK dan bahkan kehilangan keluarga yang dicintainya.

"Mental itu sesuatu yang tak setampak fisik. Tapi kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Sudah semestinya kita perlu merawat kesehatan mental. Dimulai dengan berani bercerita dan konseling dengan psikolog dan psikiater. Sudah semestinya pula kita perlu bergotong royong menyehatkan mental Indonesia,"ajak Adjie Santosoputro sebagai inisiator gerakan ini.

Myra Saviera, selaku B2C Development Manager ibunda.id menyatakan, "Kesehatan mental menjadi salah satu hal yang dikesampingkan dalam hal kesehatan publik dan dalam masyarakat Indonesia. Menurut WHO, tidak ada kesehatan tanpa kesehatan mental, apalagi saat ini kita sedang menghadapi waktu yang tidak biasa dan sangat mempengaruhi kesehatan mental kita."

Program ini rencananya akan berjalan selama enam bulan dan dimulai pada 10 Oktober 2020 sebagai Hari Kesehatan Mental Dunia. Donasi yang terkumpul akan disalurkan ke Ibunda.id yang nantinya digunakan untuk peserta yang membutuhkan bantuan konseling dengan psikolog dan psikiater.

"Di masa pandemi covid-19, banyak orang terpaku hanya pada pemulihan ekonomi dan mengatasi permasalahan kesehatan. Tidak salah, tetapi ternyata banyak hal yang perlu diperhatikan selain ekonomi, salah satunya yaitu menjaga kesehatan mental. Kita tentu ingin relasi kita dengan orang lain dan alam sekitar tetap harmonis. Kita juga tidak bisa sendiri, nyatakalah saat kita membutuhkan orang lain termasuk datanglah pada Adjie Santosoputro dan Ibunda.id yang menyediakan konseling ini," kata founder Benihbaik.com, Andy F Noya, di Jakarta, Sabtu (10/10). (RO/OL-12)

Baca Juga

Ist

Limbah dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan Dilarang Dibuang di TPA 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 09:20 WIB
Direktorat Jenderal PSLB3, KLHK, melarang keras limbah B3 dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) atau limbah medis dibuang di...
Instagram

Ersa Mayori Anteng di Rumah

👤Zubaedah Hanum 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 09:05 WIB
Model, pesinetron dan presenter Ersa Mayori, 41, mengaku tidak tergoda untuk ikut-ikutan 'mendadak liburan' seperti yang dilakukan...
OZAN KOSE/AFP

Tsunami Pada Gempa Turki Tidak Berdampak ke Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 06:24 WIB
BMKG menegaskan masyarakat diimbau tetap tenang karena tsunami tidak berdampak ke wilayah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya