Sabtu 10 Oktober 2020, 12:15 WIB

Pandemi, Momen untuk Optimalkan Pendidikan Daring

Eni Kartinah | Humaniora
Pandemi, Momen untuk Optimalkan Pendidikan Daring

Dok.Rajawali Global
Webinar bertajuk ‘Opportunity during the Pandemic: The Future of Education is Borderless’.

 

PANDEMI covid-19 telah menimbulkan banyak permasalahan. Namun di sisi lain, pandemi tersebut telah mengakselerasi pendidikan daring yang memungkinkan seseorang belajar tanpa batas untuk meningkatkan kualitas diri.

Topik tersebut menjadi pembahasan utama pada webinar bertajuk ‘Opportunity during the Pandemic: The Future of Education is Borderless’yang diselenggarakan Rajawali Global Education. Rajawali Global Education merupakan sarana untuk mengimplementasikan program pendidikan pembelajaran online yang dikembangkan oleh oleh Rajawali Foundation bekerja sama dengan Thunderbird School of Global Management dari Arizona State University.

Baca juga: Covid-19 dan Pembelajaran Daring
 
“Hari ini kita menghadapi masa-masa sulit, namun kita melihat masa depan cerah pendidikan kita,” kata Dr. Sanjeev Khagram, Direktur sekaligus Dekan Thunderbird School of Global Management saat membuka webinar tersebut bersama YW Junardy, Komisaris Rajawali Corpora dan Pembina dari Rajawali Foundation.

Ketua Wali Amanat Universitas Padjajaran sekaligus Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, yang menjadi salah satu panelis webinar itu  mengungkapkan, Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang sangat mumpuni untuk mengejar berbagai ketertinggalan, termasuk di bidang.
 
Menurutnya, itulah sebabnya digitalisasi menjadi salah satu aspek terpenting yang perlu menjadi fokus institusi akademik. Selain itu, diperlukan juga kerja sama antarinstitusi pendidikan, termasuk dengan perguruan tinggi asing yang berkualitas.
 
Panelis selanjutnya, Senior Partner dari PRI for People Matters PT Profesindo Reksa Indonesia (PRI) - Arghajata Alliance Partner, Pri Notowidigdo, menilai bahwa pembelajaran menggunakan sistem daring melahirkan pembelajaran yang inovatif dan tanpa batas.

“Semua orang memiliki kesempatan seluas-luasnya untuk bisa mempelajari hal-hal baru yang dapat melahirkan inovasi dan kreativitas, untuk disumbangkan kepada organisasi tempat bekerja,” paparnya.

Pembicara terakhir, Direktur Human Capital PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), Tbk. dan Ketua Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Herdy Harman, menekankan pentingnya pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia bagi kemajuan sebuah negara.

“Covid-19 adalah CTO (Chief Transformation Officer) yang paling efektif, karena mampu mempercepat pendidikan daring. Sebelumnya sulit sekali, tapi sekarang semua orang bisa melakukan pendidikan daring,” ucap dia.
 
Menutup webinar, Dr. Jonathan Pincus, Academic Chancellor dari Rajawali Global Education mengatakan, pandemi telah mempercepat hal-hal yang tadinya bergerak lambat, termasuk perkembangan teknologi. Pendidikan tinggi sedang mengalami kebangkitan kembali di Asia dan sangat cepat beradaptasi dalam situasi ini.

“Sedangkan untuk perguruan tinggi di Indonesia, inilah saatnya untuk melihat ke luar dan terlibat dengan mitra global yang memiliki pengalaman dalam menggunakan teknologi, inovasi, dalam menyampaikan pembelajaran yang relevan dengan dunia kerja,” pungkasnya. (A-1)

Baca Juga

DOK UGM

GeNose C19 Masuk Tahap Uji Diagnostik

👤Agus Utantoro 🕔Senin 26 Oktober 2020, 19:29 WIB
Usai menjalani uji diagnostik, GeNose C19 akan masuk tahap produksi yang dijadwalkan pada akhir...
Dok MI

Bapeten Gandeng UI Gelar Seminar Keamanan dan Keselamatan Nuklir

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Senin 26 Oktober 2020, 18:10 WIB
Pemanfaatan tenaga nuklir harus memenuhi tingkat keselamatan dan keamanan serta sefeguard sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang...
Antara

UN Dihapus, Terbitlah AN

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 26 Oktober 2020, 17:22 WIB
Kendati sepakat Ujian Nasional ( UN) dihapus, namun kesiapan pemerintah melalui Kemendikbud yang akan melaksanakan Asesmen Nasional ( AN)...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya