Sabtu 10 Oktober 2020, 12:26 WIB

UMKM Bisa Berkembang Dibutuhkan Wirausaha Handal

Despian Nurhidayat | Ekonomi
UMKM Bisa Berkembang Dibutuhkan Wirausaha Handal

ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Peserta menata kue donat yang telah jadi saat mengikuti pelatihan UMKM gratis di Omah Mocaf Hend's, Singkil, Boyolali, Sabtu (3/10/2020)

 

UNTUK mengembangkan SDM di daerah menjadi wirausaha handal, Kementerian Koperasi dan UKM menggelar pelatihan vocational berbasis potensi lokal. Seperti dilakansakan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim menggelar pelatihan vocational berbasis potensi lokal bidang olahan makanan berbahan dasar ikan, serta pelatihan vocational berbasis potensi lokal bidang barista kopi.

"Bidang pelatihan yang kita gelar di daerah itu sesuai dengan kebutuhan daerah tersebut. Dari sekian banyak potensi yang ada di Brebes, kita akan tingkatkan kapasitas usaha dan kualitas SDM wirausaha di bidang makanan berbahan ikan dan kopi" ucap Arif dilansir dari keterangan resmi, Sabtu (10/10).

Arif berharap, mereka bisa mengoptimalkan potensi kopi di Brebes, sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat setempat. Begitu juga dengan bidang makanan olahan ikan, permintaan pasarnya terus meningkat meski tengah pandemi covid-19.

"Bahkan, produk-produk tersebut bisa dipasarkan tidak hanya untuk wilayah Brebes saja, namun bisa untuk memenuhi permintaan lintas kabupaten, provinsi, bahkan hingga pasar luar negeri," sambungnya.

Selain mengikuti pelatihan, Arif juga mengajak para wirausaha muda asal Brebes untuk terus mencari informasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitasnya.

"Kemenkop UKM memiliki pembelajaran online melalui edukukm.id. Di web itu banyak pengetahuan untuk meningkatkan usaha. Termasuk pelatihan pemasaran online dan tata kelola ekspor," kata Arif.

Kemenkop UKM juga rutin menggelar pelatihan kewirausahaan secara online (Webinar). Dengan pelatihan-pelatihan, kualitas SDM dan kapasitas usaha diharapkan meningkat.

"Banyak contoh kisah sukses anak-anak muda di bidang makanan olahan dan kopi. Kuncinya, mereka harus bekerja keras, disiplin, berupaya meningkatkan pengetahuan, agar mampu berinovasi sesuai tuntutan zaman," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Brebes Narjo mengatakan bahwa potensi dan kekuatan demografis yang dimiliki Brebes harus diimbangi dengan kualitas SDM yang mumpuni.

"Brebes dengan jumlah penduduk sekitar dua juta jiwa, memiliki luas wilayah terbesar kedua di Jateng yang tersebar dalam 17 kecamatan," tutur Narjo.

baca juga: Perusahaan Pemungut PPN Bertambah

Pemkab Brebes mendukung kegiatan untuk meningkatkan kualitas SDM UKM di wilayahnya.

"Pelatihan seperti ini harus dimanfaatkan dengan baik. Terlebih di masa pandemi, dimana produktifitas usaha UMKM tengah menurun, serta berkurangnya kemitraan dengan pihak ketiga. Ditambah lagi, jumlah pengunjung ke rest area juga mengalami penurunan," tambahnya.
 
Plt Asdep Peran Serta Masyarakat Nasrun Siagian menambahkan Kemenkop UKM terus menggulirkan program pelatihan kewirausahaan di banyak daerah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. (OL-3)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Jokowi Ajak Pemuda Tekuni Pertanian, Mentan Dorong Modernisasi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 09:13 WIB
Indonesia bisa terbebas dari bayang-bayang impor jika semua anak muda memiliki pola pikir yang maju, khususnya dalam pembangunan pertanian...
DOK KEMENTAN

Stok Beras Melimpah, Mentan Berterimakasih atas Kerja Keras Petani

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 09:09 WIB
Hingga akhir tahun mendatang Indonesia memiliki stok akhir kurang lebih sebanyak 7 juta...
DOK KEMENTAN

Sumpah Pemuda dan Sektor Pertanian

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 09:03 WIB
Regenerasi petani untuk menghadirkan petani baru yang berusia muda penting dilakukan sebagai bentuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya