Sabtu 10 Oktober 2020, 10:45 WIB

Kemenag Gelar Pemilihan Perempuan Khonghucu Teladan

Suryani Wandari Putri | Humaniora
Kemenag Gelar Pemilihan Perempuan Khonghucu Teladan

ANTARA/ hendra Nurdiansyah
HARI BHAKTI: Pegawai Kemenag DIY membersihkan tempat ibadah Klenteng Fuk Ling Miau di Gondomanan, DI Yogyakarta.

 

PUSAT Bimbingan dan Pendidikan (Pusbimdik) Khonghucu Kementerian Agama (Kemenag) mengadakan Pemilihan Perempuan Khonghucu Teladan tahun 2020. Ajang ini terbuka seluruh untuk perempuan Khonghucu yang mana pendaftarannya tengah berlangsung dari 5 – 31 Oktober 2020.

Plt Sekjen Kemenag Nizar mengatakan pembangunan nasional membutuhkan partisipasi seluruh elemen bangsa, tidak terkecuali kaum perempuan. Banyak riset menunjukan bahwa peran aktif perempuan sangat signifikan dalam pengembangan ekonomi, sektor riil, termasuk pembangunan bidang sosial, budaya, dan keagamaan.

Ia mengatakan peran perempuan dalam pembangunan menjadi faktor determinan yang tidak bisa diabaikan. “Pelibatan unsur perempuan dalam berbagai proses pembangunan nasional menjadi keniscayaan, tidak terkecuali perempuan Khonghucu. Karenanya, perlu apresiasi atas kerja keras mereka,” kata Nizar.

Dalam perlombaan, terdapat sejumlah kriteria penilaian dalam perlombaan antara lain: keterlibatan dalam organisasi sosial masyarakat, bidang pendidikan formal atau nonformal, serta keaktivan dalam dunia wirausaha.

Penilaian lainnya terkait keterlibatan dalam promosi dan edukasi nilai-nilai sosial, budaya, agama dan kebangsaan melalui akun media sosial (medsos). Termasuk dinilai juga keaktifan dalam kegiatan seminar/workhop/pelatihan.

“Prestasi dalam bidang akademik, seni budaya, olah raga atau lainnya juga akan dinilai. Demikian juga karya ilmiah, baik berupa buku, artikel jurnal, artikel popular atau lainnya. Ini dibuktikan dengan scan asli sampul/bagian muka karya ilmiah,” kata Kepala Pusbimdik Wawan Djunaedi.

Dalam hal ini peserta diminta menyusun makalah yang berkaitan dengan program inovasi atau pemberdayaan perempuan, minimal 2000 kata.

Dokumen yang dikirimkan akan dinilai oleh dewan juri yang beranggotakan unsur Kemenag, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, akademisi, dan rohaniwan Khonghucu.

"Pengiriman berkas dilakukan pada 5 – 31 Oktober 2020 melalui email pusbimdik.khonghucu@kemenag.go.id. Berkas yang masuk akan dilakukan verifikasi dan penilaian untuk mendapat lima peserta terbaik," kata Wawan.

Lima peserta terpilih rencananya akan diumumkan pada 3 November yang kemudian harus mengikuti tahapan presentasi pada 10 November untuk memilih perempuan Khonghucu teladan 2020. Pengumuman pemenang pada 1 Desember dan penghargaan akan diberikan pada puncak perayaan Hari Amal Bakti Kementerian Agama 2021.(H-1)

Baca Juga

Ilustrasi MI

Masyarakat jadi Kunci Pencegahan Penyebaran Penyakit Vektor

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 08:55 WIB
Pengendalian vektor merupakan upaya preventif yang paling efektif dalam pencegahan penyakit tersebut, lebih efektif dan hasil maksimal jika...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Penanganan Covid-19 di 10 Provinsi Prioritas Semakin Membaik

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 06:26 WIB
Perkembangan penanganan Covid-19 secara mingguan pada 10 provinsi prioritas menunjukkan hasil yang relatif baik, baik angka positif,...
MI/Vicky Gustiawan

Kasus Menurun, Pemerintah Optimistis Mampu Menangani Covid-19

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 06:04 WIB
Selain penambahan jumlah lab pemeriksaan spesimen covid19, kecepatan petugas dalam memeriksa hasil lab juga meningkat.  Rata-rata...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya