Sabtu 10 Oktober 2020, 05:00 WIB

Jeli Menangkap Peluang Kunci Sukses UMKM

DHIKA KUSUMA WINATA | Ekonomi
Jeli Menangkap Peluang Kunci Sukses UMKM

DOK. AFPI
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kedua kiri) tentang arah baru pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)

 

KEPALA Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut UMKM merupakan motor utama yang diyakini akan mendorong kebangkitan ekonomi Indonesia di tengah pandemi covid-19.

“Di tengah kesulitan pasti ada kesempatan dan jeli menangkap peluang menjadi modal dasar untuk dapat menciptakan inovasi sehingga dapat bertahan di era pandemi ini,” kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko pada acara Hari Lahir Ke-9 Himpunan Pengusaha Nahdliyin di Jakarta, kemarin.

Pada peringatan hari lahir yang diselenggarakan secara daring itu, Moeldoko mengatakan UMKM berkontribusi sangat penting dalam perekonomian Indonesia. Pertama, UMKM menyerap tenaga kerja yang terbesar hingga 97%. Kedua, dari sisi output, UMKM memberikan sumbangan yang besar dalam perekonomian nasional, yakni 60% dari produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

Moeldoko mengatakan pandemi ini telah menciptakan peluang terkait dengan percepatan go digital di Indonesia dan inovasi teknologi untuk mendukung produktivitas masyarakat.

Percepatan go digital tersebut seiring dengan berkembangnya less contact economy (perekonomian dengan sedikit kontak), seperti penggunaan digital payment untuk melakukan
transaksi, mobile banking, dan dompet digital.

“Peluang tersebut perlu ditangkap UMKM. Kerja sama dengan platform digital untuk memasarkan produk menjadi salah satu opsi untuk dapat bertahan di era pandemi,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, pelaku UMKM mesti lebih pintar dalam memasarkan produk produk mereka. Promosi yang masif dibutuhkan untuk mendorong permintaan produk UMKM, seperti pemberian cash back dan diskon yang dapat digunakan untuk membeli produk UMKM.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebutkan setidaknya ada dua kunci sukses bagi  UMKM bertahan di tengah pandemi, yaitu konsistensi dan inovasi.

Konsistensi ialah menjaga tradisi dan menjaga konsep lama yang masih baik dan relevan, tetapi juga bertransformasi terhadap perubahan baru.

“Konsep ini berlaku universal, bukan hanya di pendidikan dakwah, melainkan juga di tataran bisnis,” ujarnya.


Siap beradaptasi


Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam kesempatan berbeda juga mengemukakan pentingnya sinergi UMKM dengan digital. BI juga ikut terlibat dalam pendampingan
UMKM. Salah satunya dengan menggelar Karya Kreatif Indonesia Virtual 2020 Seri 2.

“Walaupun saat ini kita tengah menghadapi kondisi pandemi, tidak menyurutkan upaya kami untuk terus membina UMKM untuk lebih kuat, kreatif, dan siap beradaptasi dalam era kenormalan baru.

Tentu hal pertama yang harus kita lakukan adalah inovasi teknologi yang pesat guna mendorong perkembangan model bisnis baru UMKM yang serbacepat, mudah, dan murah,”
ujar Perry.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Tenaga Kerja Ibu Ida Fauziyah juga menyampaikan dukungannya dalam peningkatan produktivitas UMKM di era transformasi digital karena dapat membuka banyak lapangan pekerjaan.

Hal itu merupakan tantangan dengan melihat angkatan kerja Indonesia yang kondisinya saat ini masih banyak yang berpendidikan rendah. “Edukasi dan literasi terus diupayakan
agar pencari kerja siap menghadapi revolusi industri 4,0,” tandasnya.

Kementerian Ketenagakerjaan terus berusaha mengembangkan regulasi ketenagakerjaan yang sudah ada agar dapat mengakomodasi perkembangan ekosistem digital startup yang waktu kerjanya fleksibel dan kurikulum pelatihan yang berfokus pada aspek human digital dengan metode pembelajaran yang mengoptimalkan teknologi atau blended learning.(Che/Ant/E-1)

Baca Juga

MI/Ramdani

AP II : Airport 4.0 Menjadi Basis Transformasi Kedepan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 20:31 WIB
“Pada pekan lalu, kami mencanangkan Second Curve Transformation periode 2020 - 2024 untuk memasuki era Airport 4.0," ujar...
Ist/Kementan

Food Heroes Day: Perkuat Inovasi untuk Pahlawan Pangan Tangguh

👤mediaidonesia.com 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 20:06 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo mengatakan, krisis kesehatan global Covid-19 membuat kita merefleksikan hal-hal yang sangat dihargai dan...
MI/Solmi

Kementan Dorong Kekuatan Ekspor Pertanian melalui Gratieks

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 19:41 WIB
Mendag Agus Suparmanto menegaskan bahwa komoditas pertanian memiliki kontribusi besar dalam surplus neraca perdagangan Indonesia...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya