Sabtu 10 Oktober 2020, 02:30 WIB

Mimpi Swiatek dan Kenin

Dero Iqbal Mahendra | Olahraga
Mimpi Swiatek dan Kenin

AFP
Petenis putri AS Sofia Kenin mengembalikan bola ke arah petenis Republik Ceko Petra Kvitova dalam laga semifinal Prancis Terbuka

DUA petenis putri muda akan berhadapan di final Prancis Terbuka 2020, hari ini. 

Mereka ialah Sofia Kenin dan Iga Swiatek. Kenin lebih tua dua tahun daripada Swiatek yang masih 19 tahun.  Bagi pemain asal Amerika Serikat itu, kekalahan ialah sesuatu yang sangat dibencinya.

Karena itu, dia akan maksimal di final untuk bisa menang dan menjuarai Prancis Terbuka sehingga akan menambah satu bab baru dari kisah kesuksesannya.

“Satu cerita lainnya ialah saya telah menang grand slam (Australia Terbuka 2020) dan sekarang saya ada di final Prancis Terbuka. Itu sangat spesial. Saya berharap, bisa tertulis cerita tambahan mengenai kemenangan saya di Roland Garos,” kata Kenin.

Final Prancis Terbuka tahun ini ialah yang pertama bagi Kenin. Dia lolos dari semifinal seusai menaklukkan unggulan ketujuh asal Republik Ceko Petra Kvitova dengan skor 6-4 dan 7-5. 

Jika besok jadi juara, Kenin akan menjadi wanita pertama yang memenangi dua grand slam di musim yang sama sejak Angelique Kerber merebut gelar Australia dan Amerika Serikat Terbuka pada 2016.

Di tempat terpisah, peraih 18 gelar grand slam Chris Evert menilai Kenin yang berstatus unggulan keempat itu sangat berpeluang memenangi Prancis Terbuka. “Kenin dulunya petenis junior terbaik kelima atau keenam di generasinya. Dia seperti pendobrak tanpa senjata. Dia pemenang grand slam dan punya kesempatan untuk menjuarai gelar lainnya,” kata Evert.

Meski Kenin di atas kertas lebih diunggulkan, cita-citanya terancam tidak akan jadi kenyataan karena lawannya di babak terakhir ialah Swiatek. Petenis nonunggulan dari Polandia itu belum pernah sekali pun kehilangan satu set sejak babak pertama.

Di semifinal, Swiatek mengalahkan petenis Argentina Nadia Podoroska dengan skor 6-2 dan 6-1. Swiatek berpeluang menyamai torehan mantan petenis Belgia Justine Henin yang pada 2007 memenangi Prancis Terbuka dengan sempurna.

“Ini tampak tidak nyata. Saya tidak pernah berpikir sejak awal bisa bermain dengan baik di sini. Namun, saya tahu jika bisa masuk final grand slam, itu di Prancis Terbuka,” kata Swiatek. 

“Ini mengejutkan, ini mimpi yang jadi kenyataan,” kata Swiatek. 

Dengan mencapai partai puncak, Swiatek kini menjadi petenis termuda ketujuh yang bisa masuk fi nal Prancis Terbuka dalam 19 tahun terakhir. Sebelum dia ialah petenis Belgia Kim Clijsters mencapai final pada 2001 dalam usia masih 18 tahun.

Swiatek juga menjadi petenis Polandia kedua yang bisa melaju ke final Prancis Terbuka. Jauh sebelum dia lahir, Polandia memiliki Jadwiga Jedrzejowska yang pada 81 tahun lalu pernah tampil di final.


Tertular covid-19

Petenis Belgia David Goffin pada Rabu (7/10) dilaporkan positif terinfeksi oleh covid-19. Dia tertular persis sepekan setelah tersingkir dari putaran pertama Prancis Terbuka.

Goffin ditundukkan petenis muda asal Italia Jannik Sinner pada putaran pertama dalam tiga set dengan skor 5-7, 0-6, dan 3-6. Atlet berusia 29 tahun itu pun menyatakan akan mengundurkan diri dari turnamen di Saint Petersburg, Rusia, pada 12-18 Oktober. Namun, dia tetap berkukuh akan kembali ke lapangan sebelum musim ini berakhir.

“Kabar buruk! Karena hasil tes covid-19 saya positif, saya terpaksa mundur dari turnamen di Saint Petersburg,” kata Goffin di media sosial.

“Sampai dengan saat ini, kondisi saya baik-baik saja. Saya akan melakukan karantina. Kalau semuanya berjalan dengan lancar, saya sudah bisa bertanding kembali di Antwerp (Kejuaraan Eropa),” sambung dia. (AFP/Ant/R-3)
 

Baca Juga

AFP

Turnamen Golf Selandia Baru Terbuka Batal Digelar karena Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 05:00 WIB
Turnamen tersebut seharusnya digelar di dua lapangan yang berlokasi di Pulau Selatan Queenstown pada Februari 2021...
AFP

Khabib Petarung Terbaik UFC

👤MI 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 01:35 WIB
PETARUNG asal Rusia Khabib Nurmagomedov resmi dinobatkan sebagai petarung...
AFP

Vinales Pesimistis Kejar Joan Mir

👤MI 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 01:15 WIB
PEMBALAP Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales merasa pesimistis dapat mengungguli pembalap Suzuki Joan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya