Jumat 09 Oktober 2020, 13:14 WIB

Kini Jumlah Korban Keracunan di Tasikmalaya Mencapai 171 Orang

Kristiadi | Nusantara
Kini Jumlah Korban Keracunan di Tasikmalaya Mencapai 171 Orang

MI/Kristiadi
Wakil Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf menjengkuk pasien keracunan nasi kuning di ruang kelas SDN Puspasari, Jumat (9/10/2020)

 

SEBANYAK 171 orang keracunan nasi kuning di Tasikmalaya. Ratusan orang warga di 12 kampung kini dirawat di berbagai tempat. Sebanyak 19 orang dirawat di RSUD dr Soejarhim 43 orang ditampung di SDN Puspasari, sisanya di puskesmas dan klinik sekitar. Dari 171 orang ini, dua orang di antaranya sedang hamil. Untuk penampungan di SDN Puspasari, BPBD Tasikmalaya mendirikan tenda darurat dan dapur umun.

Kepala Puskesmas Mangkubumi, Arif Rianto mengatakan keracunan massal ini berawal dari makanan untuk syukuran ulangtahun seorang anak, Kamis (9/10). Dari keterangan warga, mereka muntah-muntah setelah makan nasi kuning. 

"Mereka yang keracunan sebagian besar adalah ana-anak. Ada juga orangtua karena mereka mengantar anaknya ke syukuran ulangtahun. Petugas telah mengambil sampel makanan berupa nasi kuning dan telur. Korban keracunan kini telah mendapat bantuan pengobatan," kata Arif, Jumat (9/10).

baca juga: Bertambah, Korban Keracunan Makanan di Tasikmalaya Jadi 146 Orang

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan mengatakan dengan bertambahnya kasus keracunan menyebabkan ruang RSUD dr Soekardjo penuh. Seluruh tenaga medis di puskesmas dikerahkan untuk menangani ratusan warga yang keracunan dibatu BPBD dan dinas sosial. (OL-3)
 

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Arnas Padda

Kasus Covid-19 di Sulsel Mulai Tinggalkan Zona Merah

👤Lina Herlina 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 11:35 WIB
Kasus covid-19 di Sulawesi Selatan memang mulai membaik, karena telah meninggalkan zona merah  namun warga harus tetap mematuhi...
MI/Kristiadi

Tiga Alat Deteksi Dini Longsor Rusak, Warga Harus Siaga

👤Akhmad Safuan 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 11:12 WIB
Ada tiga alat peringatan dini untuk tanah bergerak dalam keadaan rusak, maka saat hujan datang diharapkan warga tinggal di perbukitan di...
MI/Denny Susanto

Bambu Produk HHBK yang Menjanjikan

👤Denny Susanto 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 10:31 WIB
Dinas Kehutanan Kalsel telah mengembangkan sekitar 16 jenis Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) seperti berbagai jenis madu, olahan bambu (tusuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya