Kamis 08 Oktober 2020, 20:17 WIB

BKPM: Demo UU Cipta Kerja tidak Surutkan Minat Investor

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
BKPM: Demo UU Cipta Kerja tidak Surutkan Minat Investor

Antara/Arif Firmansyah
Aksi protes menolak UU Cipta Kerja di depan Istana Kepresidenan Bogor.

 

GELOMBANG protes terhadap Undang-Undang (UU) Cipta Kerja semakin meluas di berbagai wilayah, termasuk DKI Jakarta.

Namun, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menegaskan minat investor belum hilang untuk menanamkan modal di Tanah Air.

"Saya ingin katakan sampai hari ini belum ada niat investor membatalkan gara-gara demo, atau menganggu ikim investasi belum ada. Insyallah ini landai landai-landai saja," ujar Bahlil dalam konferensi pers virtual, Kamis (8/10).

Baca juga: Tidak Ada Perppu Batalkan UU Cipta Kerja

Bahlil menyebut ada 153 perusahaan yang tertarik berinvestasi setelah UU Cipta Kerja disahkan DPR RI pada Senin (5/10) kemarin. Ratusan perusahaan berasal dari sejumlah negara, seperti Korea Selatan, Jepang dan Eropa.

"153 perusahaan itu dari berbagai negara. Seperti Korea, Taiwan, Jepang, Tiongkok dan ada dari Eropa juga. Ada pengusaha dari dalam negeri, tidak hanya dari luar negeri," pungkasnya.

Baca juga: Akibat Pandemi, Kerugian Dunia Capai US$15 Triliun

Salah satu hambatan bagi investor selama ini ialah rumitnya perizinan di Indonesia. Bahlil optimistis UU Cipta Kerja menjadi solusi atas persoalan izin investasi, yang kemudian berdampak pada perluasan lapangan kerja.

Menyikapi aksi protes yang menolak UU Cipta Kerja, Bahlil menghormati pandangan demonstran. Sebab, itu merupakan bentuk penyampaian aspirasi. Namun, dia meminta agar gerakan protes tidak berujung pada tindakan anarkis.

"Demo itu instrumen penyampaian aspirasi. Sebagai negara demokrasi yang dijamin UU, saya pikir silakan saja. Yang penting demo harus baik, menjaga ketertiban, jangan sampai anarkis," tutup Bahlil.(OL-11)

Baca Juga

Dok. BTN

Pacu Gairah Pasar, BTN-Winland Development Tawarkan KPR Holiday

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 01:31 WIB
Pogram KPR Holiday difokuskan bagi pemasaran tiga proyek perumahan yang dikembangkan Winland Development di wilayah Cileungsi,...
Antara/Raisan Al-Farisi

UU Cipta Kerja Buka Ruang Konsolidasi Data Tunggal KUMKM

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 00:17 WIB
UU Cipta Kerja dibuat dengan tujuan untuk menjawab masalah-masalah utama yang dihadapi oleh UMKM dan koperasi yang sebelumnya menyebabkan...
Dok UResort

Bidik Mahasiswa, Apartemen Ini Sesuaikan Kebutuhan Kampus

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 00:15 WIB
Hunian yang membidik pasar mahasiswa sekarang ini tidak cukup sekadar dekat dengan kampus, tapi juga harus menunjang kegiatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya