Kamis 08 Oktober 2020, 21:00 WIB

Pangeran William akan Luncurkan Penghargaan Earthshot

Mediaindonesia.com | Internasional
Pangeran William akan Luncurkan Penghargaan Earthshot

AFP/Kirsty Wigglesworth
Pangeran William

 

Pangeran William dari kerajaan Inggris akan meluncurkan penghargaan global untuk mengatasi sejumlah masalah besar seputar lingkungan di dunia.

Penghargaan Earthshot menawarkan hadiah senilai satu juta pounds setiap tahun untuk 10 tahun mendatang di bawah kategori melindungi dan memulihkan alam, udara bersih, membersihkan laut, mengurangi sampah dan perubahan iklim.

Nominasi-nominasi akan dibuka mulai 1 November mendatang dan upacara penghargaan pertama akan digelar pada musim gugur tahun depan.

William, cucu Ratu Elizabeth dan pewaris takhta urutan kedua, mengatakan perubahan dalam satu dekade mendatang sangat penting untuk membantu melindungi dan memperbaiki lingkungan.

"Pada 2030 kami sangat berharap membuat langkah besar dalam memperbaiki beberapa masalah terbesar yang dihadapi bumi," kata Pangeran William pada BBC Radio, Kamis (8/10).

Keluarga kerajaan Inggris telah menjadi juru kampanye yang aktif menyuarakan sejumlah masalah lingkungan, termasuk ayah William, Pangeran Charles, yang sudah berbicara selama beberapa dekade tentang dampak perubahan iklim dan pentingnya konservasi.

Istana Kensington mengatakan penghargaan itu akan menyediakan setidaknya 50 solusi untuk masalah lingkungan dunia pada 2030.

Dewan Penghargaan Earthshot akan dibentuk untuk memutuskan pemenang, dan dewan itu akan diisi orang-orang dari dunia lingkungan, filantropis, bisnis dan hiburan.

Proyek ini lebih dari 100 mitra di seluruh dunia yang mengajukan nominasi mulai 1 November. Penghargaan tahun 2021 akan digelar di London, lalu di kota-kota lainnya di dunia, demikian Reuters dikutip Kamis. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Dok.Istana Kepresidenan

Politik Luar Negeri yang Konsisten Sebabkan RI Mitra Penting AS

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 17:50 WIB
MENGHADAPI tantangan stabilitas dan keamanan baik di kawasan maupun global yang terus meningkat, Indonesia tetap konsisten untuk...
AFP/Manjunath Kiran

Susul AS, Kasus Covid-19 di India Tembus 8 Juta Orang

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 17:47 WIB
Meski kasus positif sangat tinggi, namun tingkat kasus kematian akibat covid-19 di India relatif rendah. Sampai saat ini, jumlah kasus...
AFP/Atta Kenare

Tolak Sikap Macron, Mahasiswa Iran Demo di Kedubes Prancis

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 16:46 WIB
Demonstran membawa poster dan spanduk bertuliskan pesan tegas, yang menentang pernyataan kontroversial dari Presiden Prancis Emmanuel...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya