Kamis 08 Oktober 2020, 14:30 WIB

Dorong Kesetaraan Gender untuk Pembangunan yang Lebih Baik

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Dorong Kesetaraan Gender untuk Pembangunan yang Lebih Baik

MI/SENO
Ilustrasi - Kesetaraan Gender.

 

KESETARAAN gender menjadi salah satu isu yang masih perlu mendapat perhatian. Hal ini dikarenakan budaya patriarki masih langgeng berkembang di masyarakat Indonesia.

Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Allaster Cox mengatakan, mendukung kesetaraan gender bukan hanya untuk kepentingan hak asasi manusia (HAM) tetapi juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta pembangunan ke arah yang lebih baik.

Baca juga: Hotel Isolasi Mandiri di DKI Sudah Tampung 319 Pasien

“Ketika perempuan memiliki kesempatan yang sama dalam pendidikan dan layanan lainnya serta memiliki posisi dalam pengambilan keputusan, mereka memberikan keragaman ide yang dapat meningkatkan produktivitas. Memberdayakan perempuan juga dapat mendukung keputusan yang lebih baik dalam keluarga,” ujar Allaster dalam Konferensi Pengakhiran MAMPU, Kamis (8/10).

Menurut Allaster, pemerintah dan masyarakat perlu bekerja sama dalam mencegah terjadinya ketidaksetaraan yang lebih besar, terutama di masa pandemi covid-19. Sebab, banyak perempuan Indonesia yang mengalami dampak akibat adanya pandemi.

Team Leader Mampu 2017-2020 Kate Shanahan menuturkan, ada tiga hal utama yang perlu diupayakan dalam mendukung kesetaraan gender di Indonesia. Pertama, memperkuat kolaborasi karena kesetaraan gender tidak dapat diupayakan hanya dengan satu pihak.

“Kita harus berbagi peran dan saling berkontribusi agar terwujud keinginan tercapainya kesetaraan gender. Kita perlu membangun strategi sinergi antar pihak antara organisasi masyarakat sipil, pemerintah pusat, pemerintah daerah, parlemen, lembanga peneilitian, univeritas, media hingga pihak-pihak yang belum kita ketahui perannya,” jelasnya.

Kemudian perlu ada advokasi untuk perubahan yang lebih baik bagi perempuan. Peningkatan peran satu perempuan dapat menjalar ke komunitasnya hingga meningkat ke skala yang lebih besar. Terakhir, diperlukan upaya yang berkelanjutan dengan memanfaatkan jaringan organisasi masyarakat sipil (CSO) yang sudah ada.

“Kerja selama ini tertumpu pada membangun jembatan untuk menutup ketimpangan yang belum sepenuhnya selesai sehungga apa yang sudah dicapai selama ini masih perlu terus dirawat dikembangkan dan dilanjutkan agar tercapai kesejahteraan yang merata di seluruh Indonesia,” tandasnya.

Dalam mendorong kesetaraan gender, pemerintah Indonesia dan Australia telah bekerja sama melalui program Mampu. Selama delapan tahun berjalan, program ini telah membantu mengatasi isu-isu mendesak mengenai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di 147 kota/kabupaten di 27 provinsi di Indonesia serta memberikan manfaat bagi sekitar 2,8 juta perempuan yang tinggal di desa. (OL-6)
 

Baca Juga

DOK KOMINFO

Anak Muda Berperan Besar Satukan Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 13:26 WIB
Sejumlah video unjuk bakat beserta kreatifitas anak muda menunjukkan betapa hebatnya budaya bangsa...
MI/Alexander P Taum

Wamenag Minta Warga Wajib Rawat Kebhinekaan dan Jaga Indonesia

👤Alexander P Taum 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 12:44 WIB
Berbicara dalam kesepatan tatap muka bersama FKUB Kabupaten Lembata serta keluarga besar Kementerian Agama, Zainut menegaskan Indonesia...
ANTARA/FB Anggoro

253 Petugas Medis Wafat Akibat Covid-19

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 12:35 WIB
Dokter dan tenaga kesehatan lainnya merupakan garda terdepan saat menghadapi pandemi covid-19. Perlindungan terhadap mereka juga harus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya