Kamis 08 Oktober 2020, 05:15 WIB

Kesehatan Nakes Harus Jadi Prioritas

(Ata/H-1) | Nusantara
Kesehatan Nakes Harus Jadi Prioritas

ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/foc.
Seorang tenaga kesehatan memakai alat pelindung diri (APD) sebelum memasuki ruang isolasi pasien positif COVID-19

 

KETUA Tim Task Force Sumatra Utara Alexander Kaliaga Ginting melaksanakan kunjungan kerja ke beberapa rumah sakit di Sumatra Utara. Dalam kunjungannya, Alex secara spesifik berfokus pada tingginya angka kematian dokter dan tenaga kesehatan (nakes) lainnya di rumah sakit Sumut ini, khususnya RSUP H Adam Malik yang merupakan RS vertikal dari Kementerian Kesehatan.

"Disadari atau tidak, para dokter dan nakes lebih banyak memperhatikan kesehatan pasien sehingga terkadang lupa akan kesehatannya sendiri. Untuk itu, pemerintah menganjurkan agar dokter dan nakes yang kontak langsung dengan pasien positif dapat di-swab dua minggu sekali," terang Alex saat memberikan arahan di RSUP H Adam Malik, Medan, Selasa (6/10).

Menurut data, kasus positif pertama dan meninggal pada Maret di RSUP H Adam Malik ialah tenaga kesehatan. Karena itu, kehadiran dan perhatian pemerintah kepada dokter dan nakes harus ditingkatkan. Selain melaksanakan swab berkala, pemerintah harus memberikan asupan makanan tambahan, gizi, dan suplemen serta tempat tinggal sementara untuk mereka.

Lebih lanjut, Alex menyampaikan saat ini, tanpa mengurangi ataupun mengecilkan hal yang lain, perhatian kepada nakes juga menjadi prioritas pemerintah. Itu disebabkan nakes berada di garda terdepan yang langsung berhadapan dengan covid-19 dan menjaga masyarakat agar tetap sehat.

Di tempat terpisah, relawan Task Force Covid-19 Persekutuan Kristen Antaruniversitas (Perkantas) dr Dewi Citra Puspita mengemukakan pentingnya pemakaian masker untuk melindungi diri dan orang lain dari penularan covid-19 pada masa pandemi. "Masker berfungsi dua arah, yaitu untuk melindungi orang lain dan diri kita dari percikan (cairan saluran) pernapasan pemakai masker dan dari percikan (cairan saluran) pernapasan orang yang bergejala," kata Dewi kemarin. (Ata/H-1)

Baca Juga

Ilustrasi

Yogja Diminta Tetap Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

👤Ardi T 🕔Minggu 01 November 2020, 00:14 WIB
Kepala Stasiun Klimatologi Sleman, DI Yogyakarta, Reni Kraningtyas mengingatkan, saat ini sebagian besar wilayah DIY sudah memasuki musim...
metronews

Polisi Hentikan Penyelidikan Kasus Siswa Bunuh Diri

👤Lina Herlina 🕔Minggu 01 November 2020, 00:08 WIB
Polisi hentikan penyelidikan kasus siswa bunuh diri, MI, 16, yang diduga terbebani sistem belajar daring, karena pihak keluarga menolak...
MI/Arnoldus Ndae

JK: Pandemi Covid-19 Beres di Indonesia pada 2022

👤Arnoldus Dhae 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 17:40 WIB
KETUA Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menyatakan butuh waktu sampai tahun 2022 bagi Indonesia untuk benar-benar pulih dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya