Kamis 08 Oktober 2020, 05:00 WIB

Pernah Membara Kini Mereda

Faishol Taselan | Nusantara
Pernah Membara Kini Mereda

ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur.

 

“JATIM sudah bebas dari zona merah.” Kabar gembira itu ditiupkan Gubernur Khofifah Indar Parawansa, di Surabaya, kemarin.

Tidak asal mengumumkan. Khofifah mengaku kondisi itu merupakan catatan yang dibuat Gugus Tugas Covid-19 Nasional.

Dari 38 kota dan kabupaten, 28 wilayah di Jawa Timur berkategori oranye atau risiko sedang, sementara 10 lainnya berada di zona kuning alias risiko rendah.

Apa rahasianya? “Satu bulan terakhir, penanganan pandemi di Jatim fokus pada perubahan perilaku. Kami mengampanyekan penggunaan masker secara masif,” tutur Khofi fah.

Dia tidak sendiri. Semua tokoh dilibatkan dan diajak ikut dalam operasi yustisi. Tidak hanya memberikan hukuman, tetapi juga penghargaan kepada warga yang mematuhi protokol kesehatan.

“Penegakan disiplin protokol kesehatan sudah menjangkau 1,2 juta warga lebih. Setelah adanya operasi yustisi, kepatuhan masyarakat meningkat,” tandasnya.

Salah satu contoh dilakukan di Kabupaten Malang. Pemkab membentuk Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan.

Mereka menggelar operasi yustisi hingga ke kampungkampung. Warga yang tidak mengenakan masker langsung mendapat sanksi menyanyikan Indonesia Raya. Mereka juga wajib memakai kalung berisi janji tidak mengulangi pelanggaran.

“Jumlah pelanggaran terus menurun. Hari ini ada 8 pelanggar, turun dari hari sebelumnya 15 pelanggar,” kata Kepala Seksi Ketentraman Kecamatan Singosari, Syamsul, yang menggelar operasi yustisi, kemarin.

Edy marah Saat Khofifah semringah, Edy Rahmayadi justru berang. Kemarin, Gubernur Sumatra Utara itu berkunjung ke Kabupaten Mandailing Natal.

Ia pun berkesimpulan, penanganan wabah di daerah ini amburadul. “Saya khawatir covid-19 akan semakin menyebar, tidak terkendali, karena ditangani serampangan.”

Mantan tentara itu menilai pengananan, sosialisai, dan penerapan protokol kesehatan di Mandailing Natal kurang maksimal. “Saya kecewa,” tegasnya.

Saat ini, daerah itu dipimpin Pjs Bupati Dahler Lubis. Sebelumnya, Bupati Dahlan Nasution menjadi orang nomor satunya.

Di Cianjur, Jawa Barat, Pj Bupati Dudi Sudarjat Abdurachim juga melihat tingkat kepatuhan warga untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan belum seragam. Padahal, pemkab sudah banyak membagikan masker dan cairan pembersih tangan.

“Masih banyak warga yang tidak bermasker saat beraktivitas di luar rumah. Memang Cianjur masuk zona kuning, tetapi disiplin prokes harus dijaga,” tandasnya.

Bukti belum taatnya masyakarat juga terjadi di Sumatra Selatan. Operasi yustisi yang digelar setiap hari selalu mendapati warga yang melanggar protokol kesehatan.

“Dari 14 September-5 Oktober, sudah ada 107 ribu warga yang terjaring melanggar prokes. Mereka mendapat teguran lisan sampai dikenai denda,” kata Kabid Humas Polda Komisaris Besar Supriadi.

Sementara di Yogyakarta, pemerintah kota membagikan masker untuk warga Pasar Beringharjo. “Kami terus membagikan masker supaya Yogyakarta tertib dan taat protokol kesehatan,” ungkap Asisten Pemkot Sisruwadi. (BN/PS/BY/BB/DW/AT/N-2)

Baca Juga

Ilustrasi

Yogja Diminta Tetap Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

👤Ardi T 🕔Minggu 01 November 2020, 00:14 WIB
Kepala Stasiun Klimatologi Sleman, DI Yogyakarta, Reni Kraningtyas mengingatkan, saat ini sebagian besar wilayah DIY sudah memasuki musim...
metronews

Polisi Hentikan Penyelidikan Kasus Siswa Bunuh Diri

👤Lina Herlina 🕔Minggu 01 November 2020, 00:08 WIB
Polisi hentikan penyelidikan kasus siswa bunuh diri, MI, 16, yang diduga terbebani sistem belajar daring, karena pihak keluarga menolak...
MI/Arnoldus Ndae

JK: Pandemi Covid-19 Beres di Indonesia pada 2022

👤Arnoldus Dhae 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 17:40 WIB
KETUA Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menyatakan butuh waktu sampai tahun 2022 bagi Indonesia untuk benar-benar pulih dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya