Kamis 08 Oktober 2020, 04:55 WIB

Bank Gabah, Upaya Meraih Sejahtera

DW/HI/SL/N-3 | Nusantara
Bank Gabah, Upaya Meraih Sejahtera

MI/Dwi Apriani
Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru optimis Sumsel segera miliki Bank Gabah untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

 

HERMAN Deru mengejar obsesi menjadikan petani di wilayahnya sejahtera. Pandemi pun tidak membuat Gubernur Sumatra Selatan itu merasa terhadang.

“Saya selalu mengejar sukses mengelola pertanian. Pasalnya, 80% warga di daerah ini ialah petani,” ujarnya, di Palembang, kemarin.

Ia optimistis bisa tercapai. Sumsel sudah dikenal sebagai daerah penghasil beras. Potensi alam dan wilayah yang luas juga sangat mendukungnya.

Tidak cukup dengan itu, belum lama ini Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan meluncurkan BUMD agribisnis. Dalam praktiknya, lembaga ini akan berlaku layaknya bank, tapi untuk urusan gabah.

“Bank Gabah diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian sehingga petani tidak menjadi buruh di tanah sendiri. Bank Gabah ialah jawaban kami menyambut tawaran Medco Agro Group,” jelas Herman.

Bank Gabah tidak hanya menyediakan modal dan menampung hasil pertanian. Mereka juga akan melakukan pembinaan dan pemasaran hasil panen.

“Saya yakin kesejahteraan masyarakat Sumsel paling mungkin diwujudkan dari sektor pertanian ini,” tandas mantan Bupati Ogan Komering Ulu Timur itu.

Terus berbuat baik di masa pandemi juga dilakukan Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara. Mereka membuka pasar wisata untuk masyarakat.

Pasar wisata berada di Pantai Tolire Ici di Takome, Ternate Barat. “Ini pasar wisata pertama di Ternate. Kami menyediakan tempat bagi pelaku UMKM menjual hasil produksi dan makanan lokal. Semoga ini menjadi sarana pemulihan ekonomi masyarakat,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Hasim Yusup.

UMKM yang terpuruk juga menjadi sasaran Polres Tanjungjabung Barat, Jambi, saat pagebluk mengepung. “Kami nyaris gulung tikar ketika Pak Kapolres datang dan mengulurkan bantuan. Selain memberi jalan keluar modal, kami juga dibantu pemasaran,” kata Lupe, 40, pelaku UMKM pengolahan udang pepay. (DW/HI/SL/N-3)

Baca Juga

DOK MI

Polisi Usut Penyelundupan Sabu ke Lapas Kuala Tungkal

👤Solmi 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 23:30 WIB
Kasus penyelundupan sabu ke dalam lapas terungkap berkat kejelian petugas Lapas saat memeriksa titipan makanan pempek jenis kapal selam...
ANTARA/Hendra Nurdiyansyah.

Yogyakarta Tambah 45 Kasus Positif Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 23:23 WIB
Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 pada Rabu (28/10), bertambah 45 sehingga total...
MI/Heri Susetyo

Libur Panjang, Jumlah Penumpang Bandara Juanda Meningkat

👤Heri Susetyo 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 21:27 WIB
Indah mengatakan, jika dibandingkan dengan periode sama pada minggu sebelumnya, terjadi peningkatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya