Rabu 07 Oktober 2020, 22:56 WIB

KKP : Omnibus Law Bakal Untungkan Nelayan

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
KKP : Omnibus Law Bakal Untungkan Nelayan

Antara/Wahyu Putro A
Nelayan memperbaiki jaring untuk menangkap ikan

 

MENTERI Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo menuturkan, Undang-Undang Cipta Kerja (Ciptaker) tidak hanya memberikan manfaat terhadap pelaku usaha, tapi juga bagi para nelayan.

"Bahkan yang paling sangat diuntungkan adalah masyarakat nelayan itu sendiri. Sebenarnya ini yang ditunggu-tunggu oleh pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan," ungkap Edhy dalam konferensi pers UU Ciptaker, Jakarta, Rabu (7/10).

Edhy menyebut, UU Ciptaker bisa menjamin kepastian perizinan kapal para nelayan. Pasalnya, selama ini izin kapal perikanan sulit didapatkan dan rawan terhadap dekriminalisasi.

"Para nelayan khawatir soal dekriminalisasi di tengah laut maupun di pantai pantai. Kalau pernah mendengar ada petambak udang masuk penjara itu kan hal yang lucu. Banyak kasus yang sama," kata Edhy

Baca juga : Soal UU Cipta Kerja, Ini Jaminan Pemerintah pada Korban PHK

Selain itu, Edhy berasumsi investasi yang masuk ke Indonesia sebesar Rp300 triliun tidak jalan karena rumitnya investasi dalam sektor perikanan dan kelautan.

Omnibus Law, sebutnya, diharapkan tidak mematikan industri tersebut dengan mengamankan para pelaku usaha termasuk nelayan.

"Asumsi saya lebih dari Rp300 triliun yang sudah berinvetasi di Indonesia itu tidak berjalan. Jadi KKP sangat senang UU Ciptaker ini keluar," pungkas Edhy. (OL-7)

Baca Juga

Dok. Telkomsat

Telkomsat Raih Penghargaan Corporate Image Award 2020

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 03:35 WIB
Penghargaan itu merupakan pembuktian bahwa Telkomsat telah dikenal dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Indonesia melalui melalui...
DOK: PERTAMINA

Pertamina Memberi Energi untuk Indonesia Maju

👤Gan/S1-25 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 03:32 WIB
Bahan bakar ramah lingkungan D100 menjadi ikhtiar Pertamina dalam mewujudkan Nawacita, yakni mengoptimalkan sumber daya dalam negeri untuk...
ANTARA/RAISAN AL FARISI (STR)

Bonus Demografi di Depan Mata, Sektor Perumahan Siap Tangkap

👤Gana Buana 🕔Senin 19 Oktober 2020, 22:40 WIB
Perlu kerja sama strategis dari pemerintah, BP Tapera, perbankan, dan pengembang dalam memanfaatkan peluang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya