Rabu 07 Oktober 2020, 21:10 WIB

KPU Medan Minta Proses Tes Kesehatan Calon AnggotaKPPS Dipermudah

Yoseph Pencawan | Nusantara
KPU Medan Minta Proses Tes Kesehatan Calon AnggotaKPPS Dipermudah

DOK MI
Ilustrasi

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Sumatera Utara meminta pemerintah kota mempermudah proses pemeriksaan kesehatan bagi para pendaftar rekrutmen KPPS yang sedang dilaksanakan untuk menghadapi Pilkada 2020.

Komisioner KPU Kota Medan Rinaldi Khair mengungkapkan pihaknya telah menemui pemerintah kota guna meminta dukungan pemkot terkait dengan proses rekrutmen calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang berjumlah sekitar 38.000 orang.

"Kami sangat mengharapkan dukungan Pemko Medan sehingga pelaksanaan pemeriksaan kesehatan dapat berjalan dengan lancar," ujarnya, Rabu (7/10).

Rinaldi menjelaskan, tahapan kampanye telah dimulai sejak 26 September hingga 5 Desember mendatang. Selain tahapan masa kampanye, KPU Medan juga dengan dalam proses rekrutmen anggota PPKS yang berjumlah sekitar 38.000 orang. Rekrutmen calon anggota KPPS telah dibuka sejak 7 Oktober sampai 13 Oktober 2020 mendatang.

Untuk itulah KPU Medan mengharapkan dukungan penuh Pemkot Medan karena salah satu persyaratan untuk bisa mengikuti seleksi harus memiliki surat kesehatan. Dengan jumlah rekrutmen sebanyak itu tentu para pendaftar akan mengikuti pemeriksaan kesehatan di seluruh puskemas di Kota Medan untuk mendapatkan surat kesehatan.

KPU Medan berharap para pendaftar yang melakukan pemeriksaan kesehatan dipermudah. Dalam prosesnya, setelah pendaftar lulus seleksi, maka yang bersangkutan harus menjalani rapid test dan jika hasilnya positif bahkan reaktif sekalipun, maka akan langsung diganti.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Edwin Effendi mengungkapkan, saat ini pihaknya memiliki 41 unit puskesmas yang tersebar di 21 kecamatan. Dia mengaku telah menginstruksikan puskesmas untuk membantu seluruh calon anggota PPKS untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

"Kami targetkan dalam sepekan pemeriksaan kesehatan akan selesai," jelasnya. (R-1)

 

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Menkop Teten Luncurkan Digitalisasi UMKM Kopdit Obor Mas

👤Gabriel Langga 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 21:12 WIB
Teten juga mengakui ada tiga problem dasar yang dialami oleh pelaku UMKM yang ketika memasukan produknya di market...
MI/Widjajadi

Legislator Nasdem Eva Yuliana Pantau Program E-Policing di Solo

👤Widjajadi 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 21:01 WIB
Politisi dari Dapil V Jawa Tengah ini berharap program inovatif telah diterapkan dan...
Dok MI

Global Exposure Penting Bagi Pengembangan SDM

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 20:53 WIB
Global Exposure, terang Muryanto Amin, merupakan pengembangan mental yang berupaya meningkatkan pembangunan manusia berdasarkan pemahaman...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya