Rabu 07 Oktober 2020, 18:39 WIB

Pemerintah Pastikan Serapan Anggaran PEN di Kuartal IV Lebih Besar

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Pemerintah Pastikan Serapan Anggaran PEN di Kuartal IV Lebih Besar

Antara/Syaiful Arif
Antrean pelaku usaha mikro terkait verifikasi program Banpres Produktif di Jombang, Jawa Timur.

 

BERDASARKAN data per 30 September, pemerintah telah menggelontorkan anggaran penanganan covid-19 untuk sektor ekonomi sebesar Rp318,5 triliun. Realisasi itu sekitar 46% dari total anggaran yang disediakan, yakni Rp695,2 triliun.

Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Budi Gunadi Sadikin optimistis seluruh anggaran terserap habis pada kuartal IV 2020. Terutama, anggaran penanganan dampak covid-19 pada sektor ekonomi.

“Secara signifikan di kuartal III 2020 ini serapan sudah Rp318,5 triliun. Mudah-mudahan penyaluran di kuartal III 2020 bisa memberikan kontribusi yang cukup baik, terhadap pertumbuhan ekonomi,” ujar Budi di Kantor Presiden, Rabu (7/10).

Baca juga: 4 Juta Nasabah Mekaar Terima Banpres Produktif

Pemerintah dikatakannya mendorong realisasi separuh dari anggaran PEN pada kuartal IV 2020. Untuk mengakselerasi serapan, pemerintah akan memperluas penyaluran ke beberapa program yang dinilai berjalan kondusif. Seperti, Bantuan Presiden (Banpres) Produktif untuk usaha mikro, serta Bantuan Subsidi Upah (BSU).

Untuk Banpres Produktif, lanjut dia, pemerintah berencana menambah jumlah penerima manfaat. Dari sebelumnya 9 juta pelaku usaha menjadi 12 juta pelaku usaha.

"Sementara, BSU juga sudah disetujui Pak Presiden untuk diperluas kepada guru honorer. Selain itu, bantuan sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan sembako dan Kartu Prakerja juga terus jalan,” pungkas Budi.(OL-11)

 

Baca Juga

ANTARA/Dedhez Anggara (STR)

Target Tinggi, Akselerasi FLPP Tahun Depan Mesti lebih CepatĀ 

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 22:15 WIB
Dengan target penyaluran KPR FLPP 2021 sebesar 157.500 unit senilai Rp19,1 triliun, bank pelaksana harus bekerja dua kali...
MI/Susanto

Sri Mulyani: Kesenjangan Teknologi Terjadi di Indonesia

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 21:59 WIB
Transformasi digital itu dilakukan melalui pemberian subsidi berupa internet gratis kepada siswa, guru hingga pendidikan tinggi guna...
Dok OJK

Perkokoh Daya Tahan Ekonomi, OJK Dukung Kemendes Dirikan LKD

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 21:56 WIB
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan keberadaan LKD ini sejalan dengan program OJK, Kemendes, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya