Rabu 07 Oktober 2020, 16:35 WIB

Tiga Nakes Idap Covid-19, Layanan Puskesmas Bojongpicung Dibatasi

Benny Bastiandy | Nusantara
Tiga Nakes Idap Covid-19, Layanan Puskesmas Bojongpicung Dibatasi

DOK MI
Ilustrasi

 

TIGA orang tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Bojongpicung, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, terkonfirmasi positif covid-19. Dampaknya, Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Dinas Kesehatan membatasi sementara pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur Yusman Faisal, menyebutkan tiga orang tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif terdiri dari perawat dan bidan. Terjaringnya tiga orang tenaga kesehatan di puskesmas itu setelah dilakukan tes usap massal beberapa waktu lalu.

"Sekarang kita lakukan pengurangan pelayanan. Jadi, sebanyak 25% pegawai di Puskesmas Bojongpicung kita kurangi untuk melayani masyarakat atau pasien," jelas Yusman kepada wartawan, Rabu (7/10).

Langkah antisipatif dilakukan agar infeksi covid-19 tak menyebar ke pegawai lain. Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 pun sudah melakukan penelusuran kontak. "Kami tracking pihak keluarga dan rekan sesama nakes (tenaga kesehatan) di puskesmas tersebut," tuturnya.

Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 juga melakukan tes usap massal bagi tenaga kesehatan lainnya. Yusman berharap dengan langkah cepat itu bisa mengantisipasi penyebaran yang makin meluas.

"Bagi pengunjung atau pasien tidak dibatasi. Kami hanya membatasi pegawai saja agar tidak meluas penyebarannya," imbuh Yusman.

Yusman menuturkan tren penyebaran covid-19 di Kabupaten Cianjur sifatnya masih sporadis. Sejauh ini tidak ditemukan adanya klaster-klaster baru.

"Kita juga kadang masih kebingungan, etiologinya dari mana atau sumber penyebarannya dari mana. Memang sih kebanyakan sumbernya dari perjalanan," jelasnya. (R-1)

Baca Juga

Sergei GAPON / AFP

Kesembuhan Pasien Covid-19 Lampung 1.002, Riau 635 Orang

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 22:00 WIB
Di Riau tingkat kesembuhan pasien covid-19 mencapai 67,1...
MI/Gabariel Langga

Bupati Sikka Kecolongan Buka Turnamen Sepak Bola Tak Berizin

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 21:30 WIB
PEMERINTAH Desa Timu Tawa, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, NTT menggelar turnamen sepak bola di masa pandemi Covid-19 tanpa...
MI/Alexander P Taum

Pemkab Lembata dan Sikka Jalin Kerjasama Percepatan Pembangunan

👤Alexander P. Taum 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 21:10 WIB
PEMERINTAH KABUPATEN Lembata dan Kabupaten Sikka, menandatangani kesepakatan bersama percepatan pembangunan antar kedua daerah di delapan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya